<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA"^^ . "Isu utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih lemahnya\r\npolitik hukum yang tercermin dalam pengaturan hukum pengadaan tanah\r\nuntuk kepentingan umum di Indonesia terhadap pihak yang berhak. Penelitian\r\nini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis serta memformulasikan politik\r\nhukum pengadaan tanah untuk kepentingan umum yang berbasis cita hukum\r\nPancasila.\r\nPenelitian disertasi ini adalah penelitian hukum normatif (doctrinal\r\nresearch) yang menggunakan pendekatan filosofis, pendekatan konseptual,\r\npendekatan perundang-undangan, pendekatan sejarah, pendekatan kasus dan\r\npendekatan perbandingan. Data dianalisis secara preskriptif analitis. Lokasi\r\npenelitian di Provinsi Lampung.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, aturan pengadaan tanah\r\nuntuk kepentingan umum belum mampu mengayomi pihak yang berhak\r\ndikarenakan belum mengakomodasi beberapa hal berikut ini, yaitu: tidak\r\nadanya pijakan konstitusional yang tegas dalam melindungi hak pihak yang\r\nberhak dalam UUDNRI Tahun 1945, pengaturan hukum pengadaan tanah\r\nuntuk kepentingan umum yang masih berlaku belum memberikan\r\nperlindungan hukum yang ideal terhadap pihak yang berhak dan pihak\r\nterdampak, masih terdapat dualisme pengaturan dalam hukum pengadaan\r\ntanah yaitu pencabutan hak atas tanah dan pelepasan hak atas tanah, dan tidak\r\nadanya jaminan keberlanjutan kehidupan bagi pihak yang berhak dalam\r\npengadaan tanah untuk kepentingan umum. Kedua, perkembangan politik\r\nhukum pengaturan pengadaan tanah untuk kepentingan umum di Indonesia\r\npada periode sebelum kemerdekaan berorientasi pada pembangunan untuk\r\nkepentingan pemerintah Belanda dan Jepang dengan karakter konservatif dan\r\nlegalitas formal serta hanya menyediakan perlindungan hukum yang sifatnya\r\nrepresif, sehingga terkategori sebagai Rule of Law (RoL) yang tipis. Pada\r\nperiode kemerdekaan hingga sebelum berlakunya UUPA, politik hukumnya\r\nberorientasi pada pembangunan untuk kepentingan penguasa perang dengan\r\nkarakter konservatif dan legalitas formal serta hanya menyediakan\r\nperlindungan hukum yang sifatnya represif, sehingga terkategori sebagai RoL\r\n\r\nvii\r\nyang tipis. Pada Masa Orde Lama (1960-1967) politik hukumnya cenderung\r\nberorientasi pada usaha-usaha pembangunan negara dengan karakter\r\nkonservatif dengan legalitas formal dan hanya menyediakan perlindungan\r\nhukum yang sifatnya represif, sehingga terkategori sebagai RoL yang tipis.\r\nPada Masa Orde Baru (1967-1998) politik hukumnya cenderung\r\nmengutamakan perluasan pembangunan infrastruktur hingga ke level\r\nkecamatan oleh pemerintah dan pihak swasta dengan karakter konservatif dan\r\nterkategori sebagai RoL yang tipis. Terlebih hukum pengadaan tanah di era ini\r\ndigunakan sebagai instrumen untuk melegitimasi keterlibatan swasta dalam\r\npengadaan tanah yang mengatasnamakan kepentingan umum. Pada Masa\r\nReformasi (1998-2002) politik hukumnya cenderung melanjutkan era\r\nsebelumnya atas nama pembangunan nasional khususnya fasilitas untuk\r\nkepentingan umum dengan karakter konservatif dan terkategori sebagai RoL\r\nyang tipis. Pada Masa Pasca Reformasi (2002-Sekarang) politik hukumnya\r\ncenderung dilakukan untuk percepatan pembangunan infrastruktur dengan\r\nmemberikan beragam kemudahan dan penyederhanaan prosedur di dalamnya,\r\ndengan karakter responsive dan konservatif serta memiliki kecenderungan\r\nthickest version RoL dikarenakan hukum pengadaan tanah di era ini tidak\r\nhanya mencakup legalitas formal, hak individual namun juga demokrasi.\r\nNamun demikian aspek kesejahteraan sosial belum terpenuhi karena memang\r\nbelum diakomodasinya norma yang mengatur jaminan keberlanjutan\r\nkehidupan bagi pihak yang berhak/pihak terdampak dalam pengadaan tanah\r\nuntuk kepentingan umum. Ketiga, konsep pengaturan hukum pengadaan tanah\r\nbagi kepentingan umum yang mencerminkan politik hukum yang mengayomi\r\npihak yang berhak berbasis cita hukum Pancasila adalah dengan cara yaitu:\r\nPenguatan materi muatan pengadaan tanah untuk kepentingan umum dalam\r\nUUDNRI Tahun 1945 dengan menambah pasal atau ayat khusus melalui\r\nperubahan UUDNRI Tahun 1945; unifikasi rezim hukum pengadaan tanah\r\nuntuk kepentingan umum menggunakan rezim pelepasan hak atas tanah;\r\npenguatan perlindungan hukum dalam pengadaan tanah untuk kepentingan\r\numum; kewajiban analisis dampak komprehensif (comprehensive impact\r\nassessment) dalam pengadaan tanah untuk kepentingan umum; penguatan\r\njaminan keberlanjutan kehidupan (life resettlement guarantee) bagi pihak\r\nyang berhak dengan menjamin pemenuhan aspek kehidupan sosial, ekonomi\r\ndan budayanya.\r\nKata kunci: cita hukum, kepentingan umum, Pancasila, pengadaan tanah,\r\n\r\npolitik hukum\r\n\r\nviii\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\nLEGAL POLICY OF LAND ACQUISITION FOR PUBLIC INTERESTS\r\n\r\nBASED ON PANCASILA LEGAL IDEA\r\n\r\nBy\r\nAde Arif Firmansyah\r\n\r\nThe main issue behind this research is the weakness of legal politics which\r\nis reflected in the legal regulation of land acquisition for public purposes in\r\nIndonesia for the parties who have the rights. This research aims to examine,\r\nanalyze and formulate the legal politics of land acquisition for the public interest\r\nbased on the legal ideals of Pancasila.\r\nThis dissertation research is normative legal research (doctrinal research)\r\nwhich uses a philosophical approach, conceptual approach, statutory approach,\r\nhistorical approach, case approach and comparative approach. Data were\r\nanalyzed prescriptively analytically. Research location in Lampung Province.\r\nThe results of the research show that firstly, land acquisition regulations\r\nfor public purposes have not been able to protect the entitled parties because they\r\nhave not accommodated the following things, namely: the absence of a firm\r\nconstitutional foothold in protecting the rights of entitled parties in the 1945\r\nConstitution of the Republic of Indonesia, the legal regulation of land acquisition\r\nfor The public interest that still applies does not provide ideal legal protection for\r\nentitled parties and affected parties, there is still a dualism of regulation in land\r\nprocurement law, namely revocation of land rights and release of land rights, and\r\nthere is no guarantee of continuity of life for parties entitled to procurement. land\r\nfor public use. Second, the development of legal politics regulating land\r\nacquisition for the public interest in Indonesia in the period before independence\r\nwas oriented towards development for the interests of the Dutch and Japanese\r\ngovernments with a conservative character and formal legality and only provides\r\nrepressive legal protection, so it is categorized as a thin RoL. In the period of\r\nindependence until before the enactment of the UUPA, legal politics was oriented\r\ntowards development for the interests of the war authorities with a conservative\r\ncharacter and formal legality and only provides repressive legal protection, so it\r\nis categorized as a thin Rule of Law (RoL). During the Old Order Period (1960-\r\n1967) legal politics tended to be oriented towards state development efforts with a\r\nconservative character with formal legality and only provided legal protection\r\nthat was repressive in nature, so it was categorized as a thin RoL. During the New\r\nOrder period (1967-1998), legal politics tended to prioritize the expansion of\r\n\r\nix\r\ninfrastructure development down to the sub-district level by the government and\r\nprivate parties with a conservative character and was categorized as a thin RoL.\r\nMoreover, land acquisition law in this era is used as an instrument to legitimize\r\nprivate involvement in land acquisition in the name of the public interest. During\r\nthe Reformation Period (1998-2002), legal politics tended to continue the\r\nprevious era in the name of national development, especially facilities for the\r\npublic interest with a conservative character and were categorized as a thin RoL.\r\nIn the Post-Reformation Period (2002-Now) legal politics tend to be carried out\r\nto accelerate infrastructure development by providing various conveniences and\r\nsimplifying procedures in it, with a responsive and conservative character and\r\nhas a tendency to have the thickest version of the RoL because land acquisition\r\nlaw in this era does not only cover formal legality, individual rights but also\r\ndemocracy. However, the social welfare aspect has not been fulfilled because the\r\nnorms that regulate the guarantee of continuity of life for entitled parties/affected\r\nparties in land acquisition for public purposes have not been accommodated.\r\nThird, the concept of legal regulation of land acquisition for the public interest\r\nwhich reflects legal politics that protects entitled parties based on the legal ideals\r\nof Pancasila, namely: Strengthening the Content of Land Acquisition for the\r\nPublic Interest in the 1945 Constitution of the Republic of Indonesia by adding\r\nspecial articles or paragraphs through amendments to the 1945 Indonesian\r\nConstitution; Unification of the Legal Regime for Land Acquisition for Public\r\nInterest using the land rights release regime; Strengthening Legal Protection in\r\nLand Acquisition for Public Interest; Obligation for comprehensive impact\r\nassessment in Land Acquisition for Public Interest; Strengthening the guarantee\r\nof continuity of life (life resettlement guarantee) for Entitled Parties by ensuring\r\nthe fulfillment of aspects of social, economic and cultural life.\r\nKey words: legal idea, public interest, Pancasila, land acquisition, legal politics."^^ . "2024-06-25" . . . . . "FAKULTAS HUKUM"^^ . . . . . . . "Arif Firmansyah"^^ . "Ade "^^ . "Arif Firmansyah Ade "^^ . . . . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (File PDF)"^^ . . . "Disertasi_Upload Abstrak - Ade Arif Firmansyah.pdf"^^ . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (File PDF)"^^ . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (File PDF)"^^ . . . "Disertasi_Upload Tanpa Pembahasan - Ade Arif Firmansyah.pdf"^^ . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "POLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM\r\n\r\nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #85270 \n\nPOLITIK HUKUM PENGADAAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN UMUM \n \nBERBASIS CITA HUKUM PANCASILA\n\n" . "text/html" . . . "340 Ilmu hukum" . .