TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints85322 UR - http://digilib.unila.ac.id/85322/ A1 - Andi , Yastama Y1 - 2024/04/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran LAPS- Heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandarlampung tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 131 siswa yang terdistribusi ke dalam 5 kelas. Melalui teknik cluster random sampling 2 kelas diambil secara acak sebagai sampel yaitu kelas VIII B sebanyak 26 siswa dan VIII E sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t?. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas pembelajaran LAPS-Heuristic lebih tinggi daripada siswa pada kelas konvensional. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran LAPS-Heuristic efektif dilihat dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, kemampuan pemecahan masalah matematis; LAPS- heuristic. PB - MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TI - EFEKTIVITAS.MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIC TERHADAP. PENINGKATAN KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024) AV - restricted ER -