title: PENGARUH KEGIATAN P5 TERHADAP PENINGKATKAN  PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP  NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG
creator: RAMADHANI , ADITIA TRI HADMAZA
subject: 370 Pendidikan
description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kegiatan P5 sebagai upaya  peningkatan perilaku peserta didik. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan  penguatan karakter dan kompetensi yang perlu untuk dimiliki oleh peserta didik di  Indonesia baik di saat sedang dalam proses pembelajaran bahkan pada saat terjun di  masyarakat. Melalui beberapa penerapan 6 dimensi profil pelajar Pancasila antara lain  beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, mandiri, gotong royong, bernalar kritis,  berkebinekaan global, dan kreatif. Dengan hal ini diharapkan bangsa Indonesia terutama  generasi penerus bangsa menjadi individu yang berkarakter dan mampu menghadapi  tantangan abad 21 dengan berpegang teguh terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam  Pancasila sebagai landasan falsafah negara kita secara konsisten dengan dapat mewujudkan    kehidupan bangsa yang sejahtera dan bermartabat sebagai salah satu amanat undang-  undang dasar tahun 1945. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode    kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 31 peserta didik SMP 22 Bandar Lampung.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan wawancara yang  sebelumnya telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh Kegiatan P5  terhadap peningkatan perilaku peserta didik SMP Negeri 22 Bandar Lampung, Hal ini  dapat dilihat dari hasil uji analisis regresi linier sederhana antara variable bebas (X) dan  variable terikat (Y) dengan presentase sebesar 37,1%. Dengan demikian dapat dikatakan  bahwasanya Kegiatan P5 memiliki pengaruh terhadap Peningkatan P5 peserta didik di SMP  Negeri 22 Bandar Lampung.  Kata kunci : Berakhlak Mulia, Mandiri, Berkebinekaan Global, Kreatif, Gotong Royong  EFFECT OF P5 ACTIVITIES ON IMPROVEMENT BEHAVIOR  OF CLASS VIII STUDENTS IN SMP STATE 22    BANDAR LAMPUNG    By    RAMADHANI ADITIA TRI HADMAZA    This research aims to determine the effect of P5 activities as an effort to improve student  behavior. The project to strengthen the profile of Pancasila students is to strengthen the  character and competencies that students in Indonesia need to have both when they are in  the learning process and even when they are involved in society. Through several  applications of the 6 dimensions of the Pancasila student profile, including faith and  devotion to God Almighty, independence, mutual cooperation, critical reasoning, global  diversity, and creativity. With this, it is hoped that the Indonesian people, especially the  nation's next generation, will become individuals with character and be able to face the  challenges of the 21st century by adhering firmly to the values contained in Pancasila as  the foundation of our country's philosophy consistently by being able to realize a  prosperous and dignified national life as one of the mandate of the 1945 constitution. The  method used in this study uses quantitative methods with a sample size of 31 students at  SMP 22 Bandar Lampung. The data collection techniques used were questionnaires and  interviews which had previously been validated. The research results show that there is an  influence of P5 activities on improving the behavior of students at SMP Negeri 22 Bandar  Lampung. This can be seen from the results of a simple linear regression analysis test  between the independent variable (X) and the dependent variable (Y) with a percentage of  37,1%. Thus, it can be said that P5 activities have an influence on improving the P5 of  students at SMP Negeri 22 Bandar Lampung.  Keywords : Noble character, independent, global diversity, creative, mutual cooperation
publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
date: 2024-06-10
type: Skripsi
type: NonPeerReviewed
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/85324/1/Abstrak_Ramadhani%20Aditia%20Tri.%20H%20-%20Raditya%20Trihadmaja.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/85324/3/Skripsi%20Full%20Tanpa%20Lampiran_Ramadhani%20Aditia%20Tri.%20H%20-%20Raditya%20Trihadmaja.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/85324/4/Skripsi%20Full%20Tanpa%20Pembahasan_Ramadhani%20Aditia%20tri.%20H%20-%20Raditya%20Trihadmaja.pdf
identifier:   RAMADHANI , ADITIA TRI HADMAZA  (2024) PENGARUH KEGIATAN P5 TERHADAP PENINGKATKAN PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG.  FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.     
relation: http://digilib.unila.ac.id/85324/