@misc{eprints85328, month = {Desember}, title = {EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR}, author = {Septiarini Putri }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/85328/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKPD sifat koligatif larutan berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII jurusan IPA di SMAN 1 Gedongtataan tahun ajaran 2022/2023. Sampel dipilih menggunakan teknik klaster random sampling. Sampel dari penelitian ini yaitu XII IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XII IPA 7 sebagai kelas eksperi- men. Desain dalam penelitian menggunakan pretest postest non-equivalen control group design, kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran meng- gunakan LKPD model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan kelas kontrol mengggunakan LKPD model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digu- nakan dalam penelitian ini meliputi soal pretest-postest, lembar observasi afektif, psikomotorik dan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data mengguna- kan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Mann Whitney. Hasil uji hipotesis me- nunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata n-Gain hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 0,74 berkategori tinggi dengan skor rata-rata n-Gain hasil belajar kognitif kelas kontrol sebesar 0,54 berkategori sedang, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, sifat koligatif larutan, hasil belajar} }