%A Syahrobi	 Dani 
%T UPAYA PEMERINTAH INDONESIA TERKAIT EKSPOR
UDANG INDONESIA DI PASAR GLOBAL TAHUN 2017 ? 2022
%X Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara yang mempunyai
wilayah perairan terluas yang memiliki luas perairan dengan total luas 6,4
juta km2 yang terdiri dari laut teritorial seluas 0,29 juta km2, perairan
pedalaman dan perairan kepulauan seluas 3,11 juta km2, dan Zona
Ekonomi Eksklusif (ZEE) seluas 3,00 juta km2. Hal ini menjadikan udang
sebagai salah satu komoditas perikanan Indonesia yang menjadi sektor
unggulan. Hal ini terlihat dari peningkatan yang signifikan dari volume
ekspor udang indonesia sejak tahun 2017 ? 2021. Bahkan dari segi
produksi udang Indonesia dari tahun 2019 ? 2020, mampu memproduksi
udang terbesar di Asia Tenggara jika dibandingkan dengan negara
kompetitornya seperti Vietnam dan Thailand. Namun jika dibandingkan
dengan negara lain seperti Thailand dan Vietnam, Indonesia masih
tertinggal dari segi volume dan nilai ekspor udangnya. Selain itu, Indonesia
juga sering menemui hambatan dalam proses ekspor udangnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa
aktivitas ekspor udang Indonesia tahun 2017 ? 2022, dan menganalisis
upaya pemerintah Indonesia terkait ekspor udang tahun 2017 ? 2022 di
pasar global. Metode penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
teori yang digunakan adalah perdagangan internasional dan liberalisasi
perdagangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa hambatan terhadap
ekspor udang indonesia yang terbagi menjadi dua, yaitu hambatan tarif dan
non tarif. Upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan
ekspor udang, yaitu penerapan standardisasi produk, perbaikan
infrasturuktur sistem udang nasional kerjasama internasional di sektor
udang, dan penetrasi pasar yang terdistribusi.
Kata Kunci : Upaya, Ekspor, Udang, Perdagangan Internasional,
HambatanTarif , Hambatan Non Tarif
%C UNIVERSITAS LAMPUNG
%D 2024
%I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
%L eprints85334