%0 Generic %A Briliand , Iqbal Gustiano %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:85337 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Swadhipa 1 Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024) %U http://digilib.unila.ac.id/85337/ %X Penelitian ini mengulik pengaruh pengaplikasian model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa yang diujicobakan di SMP Swadhipa 1 Natar tahun pelajaran 2023/2024 pada semester genap. Populasi penelitian melibatkan 60 siswa kelas VIII keseluruhan, yang tersebar ke dalam dua kelas, yakni kelas VIII A dan juga VIII B. Desain penelitian eksperimen semu dipilih sebagai metode penelitian dengan randomized pretest- posttest control group sebagai desainnya. Secara acak, terpilihlah Kelas VIII A menjadi kelas eksperimen, sedangkan kelas VIII B dipilih sebagai kelas kontrol. Tes uraian digunakan untuk mengevaluasi kemampuan komunikasi matematis siswa dengan topik teorema pythagoras yang kemudian diberi skor dan dijadikan data penelitian. Data diinterpretasikan dengan kaidah uji-t dengan hasil sig. < 0,05 mengindikasikan keberadaan pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik bahasan teorema pythagoras di kelas VIII SMP Swadhipa 1 Natar. Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran kooperatif tipe make a match, pengaruh