TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints8534 UR - http://digilib.unila.ac.id/8534/ A1 - Suciningtyas Apriyanti, 1013053093 Y1 - 2015/02/11/ N2 - ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan dan pengaruh aktivitas belajar melalui penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) terhadap hasil belajar siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dan penelitian ini mengunakan desain one group pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan skor pretest-posttest. Perbedaan hasil belajar diuji menggunakan paired sample t test dan pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar diuji menggunakan uji regresi linier. Hasil penelitian ini adalah diperoleh selisih mean pretest dan posttest sebesar 21,17 dan nilai thitung sebesar 23,954. Selain itu, diperoleh nilai R Square sebesar 0,322 atau 32,2%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan SPI, dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan SPI. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Inkuiri, Aktivitas Belajar IPA, dan Hasil Belajar PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KAMPUNG BARU BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -