?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)%0D%0AMENGGUNAKAN+PENDEKATAN+STEM+TERHADAP%0D%0APENINGKATAN+KEMAMPUAN+PEMECAHAN%0D%0AMASALAH+MATEMATIS+SISWA%0D%0A%0D%0A(Studi+pada+Siswa+Kelas+IX+UPT+SMP+Negeri+1+Pringsewu%0D%0ASemester+Ganjil+Tahun+Ajaran+2023%2F2024)&rft.creator=HAFID+%2C+ALZAIN&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=510+Matematika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+Problem+Based%0D%0ALearning+menggunakan+pendekatan+STEM+(PBL-STEM)+terhadap+kemampuan%0D%0Apemecahan+masalah+matematis+siswa.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh%0D%0Asiswa+kelas+IX+UPT+SMP+Negeri+1+Pringsewu+tahun+pelajaran+2023%2F2024.+Sampel%0D%0Adalam+penelitian+ini+adalah+siswa+kelas+IX.3+dan+IX.2+dengan+masing-masing+kelas%0D%0Aterdiri+dari+27+siswa+yang+dipilih+dengan+teknik+purposive+sampling.+Desain+yang%0D%0Adigunakan+adalah+pretest-posttest+control+group+design.+Data+pada+penelitian+ini%0D%0Aberupa+data+kuantitatif+yang+diperoleh+dari+tes+kemampuan+pemecahan+masalah%0D%0Amatematis+siswa.+Berdasarkan+hasil+uji+Mann-Whitney+U+dengan+taraf+signifikansi%0D%0A0%2C05+diperoleh+bahwa+kemampuan+pemecahan+masalah+siswa+yang+mengikuti%0D%0Apembelajaran+dengan+model+PBL-STEM+lebih+tinggi+daripada+siswa+yang%0D%0Amengikuti+pembelajaran+dengan+model+PBL+saja.+Dengan+demikian%2C+penerapan%0D%0Amodel+PBL-STEM+berpengaruh+terhadap+peningkatan+kemampuan+pemecahan%0D%0Amasalah+matematis+siswa.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A+pemecahan+masalah+matematis%2C+pendekatan+STEM%2C+pengaruh%2C%0D%0Aproblem+based+learning.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-06-25&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85367%2F1%2FABSTRAK%2520-%2520Hafid%2520Alzain.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85367%2F2%2FSkripsi%2520Full_Hafid%2520Alzain%2520-%2520Hafid%2520Alzain.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85367%2F3%2FSkripsi%2520Full%2520Tanpa%2520Pembahasan_Hafid%2520Alzain%2520-%2520Hafid%2520Alzain.pdf&rft.identifier=++HAFID+%2C+ALZAIN++(2024)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+MENGGUNAKAN+PENDEKATAN+STEM+TERHADAP+PENINGKATAN+KEMAMPUAN+PEMECAHAN+MASALAH+MATEMATIS+SISWA+(Studi+pada+Siswa+Kelas+IX+UPT+SMP+Negeri+1+Pringsewu+Semester+Ganjil+Tahun+Ajaran+2023%2F2024).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85367%2F