%0 Generic %A HAFID , ALZAIN %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:85367 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX UPT SMP Negeri 1 Pringsewu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024) %U http://digilib.unila.ac.id/85367/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning menggunakan pendekatan STEM (PBL-STEM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX UPT SMP Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 dan IX.2 dengan masing-masing kelas terdiri dari 27 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL-STEM lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL saja. Dengan demikian, penerapan model PBL-STEM berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci : pemecahan masalah matematis, pendekatan STEM, pengaruh, problem based learning.