@misc{eprints85368, month = {Mei}, title = {PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA MYSTERY BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 METRO BARAT}, author = { Dewi Pangestika Intan}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/85368/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media mystery box terhadap hasil belajar IPS peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB dengan jumlah 30 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil uji regresi linier ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan media mystery box terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Barat. Kata kunci: cooperative learning tipe jigsaw, hasil belajar, IPS} }