creators_name: Wildah , Aprilia Dharma	
creators_id: 2013053078
type: other
datestamp: 2025-03-04 03:08:00
lastmod: 2025-03-04 03:08:00
metadata_visibility: show
title: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN
TEMATIK BERMUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III

SD NEGERI 10 METRO TIMUR
ispublished: pub
subjects: 370
full_text_status: restricted
abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik muatan Bahasa
Indonesia kelas III SD Negeri 10 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui efektivitas penggunaan video animasi pada pembelajaran tematik bermuatan
Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan ialah Quasi Experimental
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III di SD Negeri
10 Metro Timur yang berjumlah 55 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Non-probability Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 27
orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data pada penelitian
ini menggunakan uji N-gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil
belajar dilihat dari N-Gain kelas eksperimen yang memperoleh hasil sebesar 75,78% yang
dikategorikan dalam kriteria “Tinggi”. Hasil uji hipotesis dari uji t, setelah mendapatkan
perlakuan diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00<0,05, sehingga terdapat
efektivitas yang signifikan terhadap penggunaan video animasi pada pembelajaran
tematik bermuatan Bahasa Indonesia.

Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran tematik, video animasi.
The problem in this research was the low learning outcomes of thematic learning of
Indonesian language content in third grade of SD Negeri 10 Metro Timur. The purpose of
this research was to determine the effectiveness of using animated videos in thematic
learning with Indonesian language content. This type of research uses a quantitative
approach with experimental methods. The experimental design used is Quasi
Experimental Design. The population in this research were all third grade students at SD
Negeri 10 Metro Timur, totaling 55 people. The sampling technique used in this research
was Non-probability Sampling, with a sample size of 27 people. Data collection
techniques using tests. The data analysis technique in this study used the N-gain test and
t test. The results showed an increase in learning outcomes seen from the N-Gain of the
experimental class which obtained a result of 75.78% which was categorized in the
“High” criteria. The results of hypothesis testing from the t test, after getting the treatment
obtained a significance value (2-tailed) of 0.00<0.05, so there is a significant effectiveness
of the use of animated videos on thematic learning with Indonesian language.

Key words: animated video, learning outcomes, thematic learning.
date: 2024-05-20
date_type: published
publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG
citation:   Wildah , Aprilia Dharma   (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 10 METRO TIMUR.  FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.     
document_url: http://digilib.unila.ac.id/85379/1/ABSTRAK%20-%20WILDAH%20APRILIA%20DHARMA%20-%20Wildah%20Aprilia%20Dharma.pdf
document_url: http://digilib.unila.ac.id/85379/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20WILDAH%20APRILIA%20DHARMA%20-%20Wildah%20Aprilia%20Dharma.pdf
document_url: http://digilib.unila.ac.id/85379/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20WILDAH%20APRILIA%20DHARMA%20-%20Wildah%20Aprilia%20Dharma.pdf