%A Ardila Putri Cindy %T ANALISIS PERSPEKTIF PENDIDIK SEKOLAH DASAR TERHADAP MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA SE-GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN METRO BARAT %X Modul ajar merupakan bagian dari kurikulum merdeka dalam meningkatkan kualitas pembelajaran lebih baik, namun, karena banyaknya perubahan istilah baru dalam modul ajar memunculkan berbagai reaksi dari pendidik sebagai pelaksana pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perspektif pendidik sekolah dasar terhadap modul ajar kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan kepada para pendidik kelas IV SD Negeri Se-Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian perspektif pendidik terhadap modul ajar kurikulum merdeka dari segi pemahaman, kesulitan, dan kemudahan yaitu sebagian besar pendidik telah memahami dan mampu mengembangkan modul ajar, namun pengetahuan pendidik terhadap kriteria modul ajar masih terbatas. Sebagaian pendidik juga menghadapi beberapa kesulitan dalam mengembangkan modul ajar seperti keterbatasan waktu, keterbatasan sumber daya, kesulitan dalam menyesuiakan modul ajar dengan kebutuhan peserta didik, kesulitan dalam mengevaluasi modul ajar, dan keterbatasan dalam penggunaan teknologi. Meskipun demikian terdapat beberapa hal yang memudahkan pendidik dalam mengembangkan modul ajar seperti pendidik sudah dapat dengan mudah mencari materi pembelajaran yang relevan dengan modul ajar, tersedianya sumber daya, pendidik meiliki forum diskusi untuk berbagi referensi, serta terdapat platform merdeka mengajar yang dapat menjadi referensi pendidik dalam mengembangkan modul ajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pendidik mampu memahami dan mengembangkan modul ajar dengan yang cukup baik. Kata kunci: kurikulum merdeka, modul ajar, perspektif pendidik Teaching modules are part of the independent curriculum in improving the quality of learning, however, due to the many changes in new terms in the teaching modules, there are various reactions from educators as implementers of education. This study aims to analyze and describe the perspectives of elementary school educators on the teaching modules of the independent curriculum. This research is a qualitative research with a descriptive approach. This research was conducted with fourth grade educators of public elementary schools in the Doctor Wahidin Sudiro Husodo Group, West Metro District. This research uses data collection techniques used in the form of interviews, questionnaires, and documentation. The results of research on educators' perspectives on teaching modules for the independent curriculum in terms of understanding, difficulties, and convenience are that most educators have understood and are able to develop teaching modules, but educators' knowledge of teaching module criteria is still limited. Some educators also face several difficulties in developing teaching modules such as time constraints, limited resources, difficulties in adjusting teaching modules to the needs of students, difficulties in evaluating teaching modules, and limitations in the use of technology. However, there are several things that make it easier for educators to develop teaching modules such as educators can easily find learning materials that are relevant to teaching modules, the availability of resources, educators have discussion forums to share references, and there are independent teaching platforms that can be a reference for educators in developing teaching modules. Based on the results of the study, it can be concluded that most educators are able to understand and develop teaching modules quite well. Keywords: Independent Curriculum, Teaching Modules, Educators' Perspectives %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints85382