creators_name: Tassa , - creators_id: 2013031032 type: other datestamp: 2025-03-04 03:20:37 lastmod: 2025-03-04 03:20:37 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENERAPAN TATA TERTB SEKOLAH, DAN SELF- AWARENESS (KESADARAN DIRI) TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMAN 1 TANJUNG BINTANG ispublished: pub subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan tata tertib sekolah dan self- awareness (kesadaran diri) terhadap kedisiplinan siswa melalui motivasi belajar pada siswa kelas XII IPS SMAN 1 Tanjung Bintang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII IPS di SMAN 1 Tanjung Bintang dengan jumlah sebanyak 140 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 orang dengan menggunakan metode probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan melalui uji t dan secara simultan dilakukan menggunakan uji F. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kadar determinasi sebesar 0,800 atau 80% hal ini berarti variabel penerapan tata tertib sekolah, self-Awareness (kesadarn diri) dan motivasi belajar sebesar 80% dan sisanya sebesar 20% dipengaruhi oleh factor lain. Kata Kunci : Kedisiplinan Siswa, Motivasi Belajar, Penerapan Tata Tertib Sekolah, Self- Awareness (Kesadaran Diri). This research aims to determine the effect of implementing school rules and self- awareness (self-awareness) on student discipline through learning motivation in class XII IPS students at SMAN 1 Tanjung Bintang. The population in this study was all class XII IPS at SMAN 1 Tanjung Bintang with a total of 140 people. The number of samples in this study was 104 people using a probability sampling method using simple random sampling. Partial hypothesis testing was carried out using the t test and simultaneously carried out using the F test. The results of this study showed that the determination level was 0.800 or 80%, this means that the variables for implementing school rules, self-awareness and learning motivation were 80%. and the remaining 20% is influenced by other factors. Key words: Student Discipline , Motivation Learning, Implementation of School Rules, Self-Awareness (Self-Awareness). date: 2024-05-30 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Tassa , - (2024) PENGARUH PENERAPAN TATA TERTB SEKOLAH, DAN SELF- AWARENESS (KESADARAN DIRI) TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS SMAN 1 TANJUNG BINTANG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/85386/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT%20-Tassa.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85386/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-Tassa.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85386/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-Tassa.pdf