%0 Generic %A , Yuliasari %C Universitas Lampung %D 2011 %F eprints:854 %I Fakultas KIP %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENERAPKAN HAK DAN KEWAJIBAN ANAK DI SEKOLAH PADA KELAS I SD NEGERI 1 SURABAYA KEDATON BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/854/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn dan peningkatan aktivitas belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus tindakan. Tehnik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan sesuatu, misalnya kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang berkembang, proses yang sedang berlangsung, akibat atau efek yang terjadi, atau tentang kecendrungan yang tengah berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 rata-rata sebanyak 67% dan prestasi belajar rata-rata 61. Pada siklus I pertemuan 2 aktivitas belajar siswa rata-rata 83% dan prestasi belajar rata-rata 70. Pada siklus II pertemuan 1 aktivitas belajar siswa rata-rata 83% dan prestasi belajar siswa rata-rata 82. Pada siklus II pertemuan 2 aktivitas belajar siswa 90% dan prestasi belajar siswa rata-rata 89. Kata kunci : Aktivitas belajar, Prestasi belajar.