%0 Generic %A Roshinta Anggraini , Immanuella Aruan %D 2024 %F eprints:85402 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T IMPLEMENTASI BAURAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MOBIL XPANDER PT MITSUBISHI BUDI BERLIAN MOTOR HAJIMENA %U http://digilib.unila.ac.id/85402/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin besarnya pertumbuhan industri otomotif di Indonesia, hal ini mendorong PT Budi Berlian Motor Hajimena untuk meningkatkan penjualan mobil terlebih pada mobil Xpander dengan menerapkan bauran promosi karena penjualan perusahaan belum mencapai target yang di inginkan pada tahun 2023. Tujuan dari laporan akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian bauran promosi yang sudah dilaksanakan PT Budi Berlian Motor Hajimena pada mobil Xpander. Metode yang digunakan pada penulisan laporan akhir ini adalah melalui wawancara pada karyawan perusahaan dan melakukan observasi di PT Budi Berlian Motor Hajimena. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi di PT Budi Berlian Motor Hajimena belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik. Bauran promosi yang sudah dilakukan dengan baik seperti : promosi penjualan (sales promotion), penjualan personal (personal selling), pemasaran langsung (direct marketing), acara dan pengalaman (events and experience), pemasaran mobile (mobile marketing), pemasaran online. Sedangkan bauran promosi yang belum terlaksana dengan baik seperti : periklanan (advertising), hubungan masyarakat (public relation). Kata kunci : penjualan mobil, bauran promosi, pemasaran, pertumbuhan industry, implementasi