?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+SELF-EFFICACY+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR%0D%0AKREATIF+MATEMATIS+SISWA+DALAM+PEMBELAJARAN+SAINTIFIK%0D%0A(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+Semester+Ganjil+SMP+Negeri%0D%0A31+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2022%2F2023)&rft.creator=Auginstori+%2C+Levinta%09&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Penelitian+ini+mengkaji+pengaruh+self-efficacy+terhadap+kemampuan+berpikir%0D%0Akreatif+matematis+siswa+dalam+pembelajaran+saintifik+dan+mengevaluasi%0D%0Aefektivitas+pembelajaran+saintifik+berdasarkan+kemampuan+tersebut.+Populasi%0D%0Apenelitian+adalah+seluruh+siswa+kelas+VIII+SMP+Negeri+31+Bandar+Lampung%0D%0Asemester+ganjil+tahun+pelajaran+2022%2F2023%2C+dengan+sampel+sebanyak+31+siswa+dari%0D%0Akelas+VIII-B+yang+dipilih+melalui+teknik+cluster+random+sampling.+Desain%0D%0Apenelitian+korelasional+digunakan+untuk+menganalisis+data+kuantitatif+yang%0D%0Adiperoleh+dari+angket+self-efficacy+dan+tes+kemampuan+berpikir+kreatif+matematis%0D%0Adengan+materi+Sistem+Persamaan+Linear+Dua+Variabel+(SPLDV).+Analisis+regresi%0D%0Alinear+sederhana+dengan+%E2%88%9D+%3D+0%2C05+dan+uji+proporsi+satu+pihak+diterapkan+untuk%0D%0Amenguji+hipotesis+penelitian.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+terdapat%0D%0Apengaruh+positif+yang+signifikan+antara+self-efficacy+dan+kemampuan+berpikir%0D%0Akreatif+matematis+siswa+dalam+pembelajaran+saintifik.+Persamaan+regresi+yang%0D%0A%0D%0Adiperoleh+adalah+Y+%3D+35%2C130+%2B+0%2C322X+yang+berarti+peningkatan+1+satuan+self-%0D%0Aefficacy%2C+akan+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kreatif+matematis+siswa+sebesar%0D%0A%0D%0A0%2C322+satuan.+Koefisien+determinasi+menunjukkan+bahwa+self-efficacy%0D%0Aberkontribusi+sebesar+49%2C4%25+terhadap+kemampuan+berpikir+kreatif+matematis%0D%0Asiswa.+Uji+proporsi+menunjukkan+bahwa+pembelajaran+saintifik+terbukti+efektif%0D%0Adalam+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kreatif+matematis+siswa.+Hasil%0D%0Apenelitian+ini+memberikan+kontribusi+penting+dalam+memahami+peran+self-efficacy%0D%0Adan+efektivitas+pembelajaran+saintifik+dalam+meningkatkan+kemampuan+berpikir%0D%0Akreatif+matematis+siswa.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+pengaruh%2C+efektivitas%2C+self-efficacy%2C+berpikir+kreatif+matematis%2C%0D%0A%0D%0Apembelajaran+saintifik.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-05-16&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85434%2F1%2FABSTRAK_AUGIN%2520-%2520auginstori%2520levinta.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85434%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520LAMPIRAN%2520ISI_AUGIN%2520-%2520auginstori%2520levinta.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85434%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN_AUGIN%2520-%2520auginstori%2520levinta.pdf&rft.identifier=++Auginstori+%2C+Levinta+++(2024)+PENGARUH+SELF-EFFICACY+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+MATEMATIS+SISWA+DALAM+PEMBELAJARAN+SAINTIFIK+(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+Semester+Ganjil+SMP+Negeri+31+Bandar+Lampung+Tahun+Pelajaran+2022%2F2023).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85434%2F