@misc{eprints85458, month = {Januari}, title = {PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI}, author = {LESTARI MENIK }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/85458/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik antara model problem based learning dan model inkuiri pada materi gerak lurus. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan model problem based learning dan kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran inkuiri di SMA Plus Muhammadiyah Natar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasiexperiment design dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Variable penelitian dalam peneltian ini adalah kemampuan pemecahan masalah. Analisis data diuji dengan menggunakan uji n-gain, uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil uji n-gain menunjukan peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen 1 sebesar 0,62 (sedang) dan kelas eksperimen ekperimen 2 sebesar 0,52 (sedang). Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. 2-tailed sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen 1 dan kelas ekperimen 2. Berdasrkan hasil uji tersebut, dapat diketahui bahwa model problem based learning dan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dan model yang lebih tinggi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan massalah peserta didik dalah model problem based learning. Adapun kendala dalam penelitian yaitu peserta didik banyak mengalami kesulitan melakukan percobaan menggunakan alat, karena kurangnya pembelajaran yang menggunakan media serupa. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Inkuiri, Kemampuan Pemecahan Masalah} }