%0 Generic %A DIAN, PERMATA HATI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:85465 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR %U http://digilib.unila.ac.id/85465/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem- Based Learning (PBL) dengan pendekatan STEM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Trimurjo tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI Fisika A dan B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik tes, berupa 20 butir soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan STEM memiliki pengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor dengan besar nilai N-gain 0,596 dengan kategori sedang, serta selisih rata-rata N-gain sebesar 0,29, dimana rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen lebih besar dibanding dengan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan STEM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan lebih baik. Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis; Pendekatan STEM; Problem-Based Learning (PBL).