<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA"^^ . "Dalam beberapa kasus pendidikan anak, bullying masih menjadi peristiwa yang\r\nsering dibicarakan. Hal ini terjadi karena dalam pelaksanaan pendidikan hanya\r\nfokus pada kecerdasan intelektual sehingga kecerdasan emosional anak tidak\r\nberkembang dengan baik. Oleh karena itu, pentingnya memiliki kecerdasan\r\nemosional yang baik akan membuat anak mampu mengekspresikan emosi serta\r\nmempunyai kontrol diri yang kuat. Penelitian ini bertujuan memanfaatkan\r\nteknologi virtual reality sebagai media pelatihan ekspresi wajah sambil bermain\r\ngame. Pengembangan game ini menggunakan metode GDLC yang terdiri dari\r\ntahapan initation, pre-production, production, testing, beta, dan release. Aplikasi\r\nini akan menampilkan misi bagi pemain untuk menebak ekspresi apa yang\r\nditunjukkan dengan mengumpulkan beberapa objek 3D ekspresi wajah yang datang\r\nsecara acak dengan benar. Dengan begitu, pengguna akan merasakan pengalaman\r\nmenebak ekspresi seperti dikehidupan nyata di dalam dunia virtual reality. Game\r\nini diharapkan lebih efektif dalam mengenalkan ekspresi wajah manusia pada anak.\r\nBerdasarkan penelitian yang telah dilakukan, rancang bangun game virtual reality\r\npengenalan ekspresi wajah manusia untuk anak telah berhasil dikembangkan.\r\nPengujian pre-test dan post-test memperlihatkan peningkatan nilai pada anak\r\nsesudah bermain game. Hasil uji kelayakan sistem menunjukkan bahwa game ini\r\nberada pada level sangat baik dan layak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa\r\ngame virtual reality berjudul Emo Saber ini berhasil mencapai tujuan\r\npengembangan dan layak digunakan untuk membantu anak mengenali\r\nekspresi wajah manusia.\r\nKata kunci: Virtual Reality, Game, Ekspresi Wajah, GDLC, Unity.\r\n\r\nIn several cases of children's education, bullying is still an event that is often\r\ndiscussed. This happens because the implementation of education only focuses on\r\nintellectual intelligence so that children's emotional intelligence does not develop\r\nwell. Therefore, the importance of having good emotional intelligence will make\r\nchildren able to express emotions and have strong self-control. This research aims\r\nto utilize virtual reality technology as a medium for training facial expressions\r\nwhile playing games. This game development uses the GDLC method which\r\nconsists of initiation, pre-production, production, testing, beta and release stages.\r\nThis application will display a mission for players to guess what expression is\r\nshown by collecting several 3D facial expression objects that come randomly\r\ncorrectly. That way, users will experience guessing expressions like in real life in\r\nthe virtual reality world. This game is expected to be more effective in introducing\r\nhuman facial expressions to children. Based on the research that has been carried\r\nout, the design of a virtual reality game for recognizing human facial expressions\r\nfor children has been successfully developed. Pre-test and post-test tests show an\r\nincrease in children's scores after playing the game. The system feasibility test\r\nresults show that this game is at a very good and feasible level. Therefore, it can be\r\nconcluded that this virtual reality game entitled Emo Saber has succeeded in\r\nachieving its development goals and is suitable for use to help children recognize\r\nhuman facial expressions.\r\nKeywords: Virtual Reality, Game, Facial Expressions, GDLC, Unity."^^ . "2024-07-03" . . . . . "FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM"^^ . . . . . . . "WULANDARI"^^ . "AULLYA HANAN"^^ . "WULANDARI AULLYA HANAN"^^ . . . . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK - ABSTRACT - Rocket Digital.pdf"^^ . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (File PDF)"^^ . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital.pdf"^^ . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN\r\n\r\nEKSPRESI WAJAH MANUSIA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #85475 \n\nRANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN \n \nEKSPRESI WAJAH MANUSIA\n\n" . "text/html" . . . "000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum" . . . "500 ilmu pengetahuan alam dan matematika" . .