?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+GUIDED+INQUIRY%0D%0ATERINTEGRASI+STEM+TERHADAP+KEMAMPUAN%0D%0AKOMUNIKASI+MATEMATIS+SISWA%0D%0A(Studi+pada+Siswa+Kelas+IX+SMP+Negeri+1+Natar%0D%0ASemester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2023%2F2024)&rft.creator=%09Mayang+%2C+Puspita&rft.subject=300+Ilmu+sosial&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+pembelajaran+guided%0D%0Ainquiry+terintegrasi+STEM+terhadap+kemampuan+komunikasi+matematis+siswa.%0D%0APopulasi+pada+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+IX+SMP+Negeri+1+Natar%0D%0Asemester+ganjil+tahun+pelajaran+2023%2F2024+yang+terdistribusi+dalam+sebelas+kelas%0D%0Ayaitu+IX+A+sampai+IX+K+secara+heterogen.+Pengambilan+sampel+dilakukan+dengan%0D%0Ateknik+purposive+sampling%2C+sehingga+terpilih+siswa+kelas+IX+A+sebanyak+32+siswa%0D%0Asebagai+kelas+eksperimen+dan+IX+B+sebanyak+32+siswa+sebagai+kelas+kontrol.%0D%0ADesain+penelitian+yang+digunakan+adalah+pretest-posttest+control+group+design.%0D%0AData+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+yang+diperoleh+dari+tes+kemampuan%0D%0Akomunikasi+matematis+siswa.+Berdasarkan+hasil+penelitian+dengan+uji-t%E2%80%99+diperoleh%0D%0Abahwa+peningkatan+kemampuan+komunikasi+matematis+siswa+pada+kelas%0D%0Aeksperimen+lebih+tinggi+daripada+peningkatan+kemampuan+komunikasi+matematis%0D%0Asiswa+pada+kelas+kontrol.+Namun%2C+keefektifan+pembelajaran+dengan+guided%0D%0Ainquiry+terintegrasi+STEM+ternyata+belum+cukup+efektif+dilihat+dari+hasil+uji%0D%0Aproporsi+yang+telah+dilakukan.+Meskipun+demikian%2C+terdapat+perbedaan+antara%0D%0Akemampuan+komunikasi+matematis+siswa+pada+kelas+eksperimen+dan+kelas%0D%0Akontrol+yang+dapat+dilihat+pada+pencapaian+setiap+indikator+kemampuan%0D%0Akomunikasi+matematis+siswa+pada+kedua+kelas+tersebut.+Berdasarkan+hal+tersebut%2C%0D%0Adapat+disimpulkan+bahwa+model+pembelajaran+guided+inquiry+terintegrasi+STEM%0D%0Amemberikan+pengaruh+terhadap+kemampuan+komunikasi+matematis+siswa.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+guided+inquiry%2C+STEM%2C+kemampuan+komunikasi+matematis%2C%0D%0A%0D%0Apengaruh%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+&rft.date=2024-04-04&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85486%2F1%2FAbstrak%2520Skripso%2520Mayang%2520Puspita%2520-%2520Ethan%2520Lee.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85486%2F2%2FUpload%2520Digilib%2520Skripsi%2520Mayang%2520Puspita%2520-%2520Ethan%2520Lee.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85486%2F3%2FUpload%2520Digilib%2520Skripsi%2520Mayang%2520Puspita%2520Tanpa%2520Pembahasan%2520-%2520Ethan%2520Lee.pdf&rft.identifier=+++Mayang+%2C+Puspita++(2024)+PENGARUH+MODEL+PEMBELAJARAN+GUIDED+INQUIRY+TERINTEGRASI+STEM+TERHADAP+KEMAMPUAN+KOMUNIKASI+MATEMATIS+SISWA+(Studi+pada+Siswa+Kelas+IX+SMP+Negeri+1+Natar+Semester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2023%2F2024).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85486%2F