%A Puspita 	Mayang 
%T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY
TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN
KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
(Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Natar
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024)
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided
inquiry terintegrasi STEM terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Natar
semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi dalam sebelas kelas
yaitu IX A sampai IX K secara heterogen. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik purposive sampling, sehingga terpilih siswa kelas IX A sebanyak 32 siswa
sebagai kelas eksperimen dan IX B sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol.
Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design.
Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan
komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji-t? diperoleh
bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas
eksperimen lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis
siswa pada kelas kontrol. Namun, keefektifan pembelajaran dengan guided
inquiry terintegrasi STEM ternyata belum cukup efektif dilihat dari hasil uji
proporsi yang telah dilakukan. Meskipun demikian, terdapat perbedaan antara
kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol yang dapat dilihat pada pencapaian setiap indikator kemampuan
komunikasi matematis siswa pada kedua kelas tersebut. Berdasarkan hal tersebut,
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry terintegrasi STEM
memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: guided inquiry, STEM, kemampuan komunikasi matematis,

pengaruh

%C UNIVERSITAS LAMPUNG
%D 2024
%I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN 
%L eprints85486