@misc{eprints855, month = {September}, title = {PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 02 MENGGALA KECAMATAN MENGGALA MELALUI METODE BERMAIN PERAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011}, author = {YULIAWATI }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2011}, url = {http://digilib.unila.ac.id/855/}, abstract = {maksimal terutama pada mata pelajaran IPS, anak merasa bosan dan kurang tertarik pada pembelajaran IPS, hal ini yang menyebabkan rendahnya nilai prestasi belajar siswa dan tidak tercapainya nilai KKM yang diharapkan, untuk itu perlu dicarikan metode yang cocok dan membuat siswa lebih tertarik untuk belajar, agar prestasi belajar meningkat. Peneliti menggunakan metode bermain peran atau sosio drama Tujuan penelitian adalah meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN 02 Menggala dengan menggunakan metode bermain peran Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi tindakan kelas, atau lazim dikenal dengan nama classroom action reseach. Prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, disetiap siklus terdapat 4 tindakan yakni; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SDN 02 Menggala. Hal ini ditandai dengan adanya: peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM dari 15 orang siswa (60\%) menjadi 21 orang siswa (84\%) dan meningkatnya aktivitas siswa dalam belajar dari 48\% = C (cukup) menjadi 70\% = A (aktif). Kesimpulan metode bermain peran merupakan metode yang menitik beratkan pada kegiatan siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar, penghayatan peran yang dilakukan oleh siswa, akan mempermudah pemahaman terhadap suatu konsep dan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan pencapaian ketuntasan sebesar 84\%. Kata kunci : Prestasi belajar, metode bermain peran, IPS} }