creators_name: ANTHONY , MARCELLINO creators_id: 1916031039 type: other datestamp: 2025-03-06 03:08:22 lastmod: 2025-03-06 03:08:22 metadata_visibility: show title: ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN TOKOPEDIA FILOSOFI PETE DENGAN DIRECT RATING METHOD (DRM) (STUDI PADA MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS LAMPUNG) ispublished: pub subjects: 320 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas iklan Tokopedia Filosofi Pete yang mengajak masyarakat untuk menggunakan produk-produk lokal. Metode yang digunakan adalah Direct Rating Method (DRM) dan berfokus pada lima dimensi pengukuran yaitu perhatian, pemahaman, respons kognitif, respons afektif, dan sikap terhadap iklan. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner menggunakan teknik simple random sampling kepada 100 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung yang pernah menonton iklan Tokopedia Filosofi Pete di Youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Tokopedia Filosofi Pete termasuk iklan dengan kategori baik dengan nilai DRM yang diperoleh sebesar 75,12. Hal ini berarti iklan tersebut efektif dalam mempengaruhi sikap penonton untuk mendukung dan menggunakan produk lokal Kata Kunci : Efektivitas Iklan, Tokopedia, Filosofi Pete, Direct Rating Method iii ABSTRACT ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF TOKOPEDIA'S 'PETE PHILOSOPHY' ADVERTISEMENT USING THE DIRECT RATING METHOD (DRM): A STUDY AMONG SOCIAL AND POLITICAL SCIENCE STUDENTS AT THE UNIVERSITY OF LAMPUNG By ANTHONY MARCELLINO This research aims to analyze the effectiveness of Tokopedia Filosofi Pete's advertising which invites people to use local products. The method used is the Direct Rating Method (DRM) and focuses on five measurement dimensions, namely attention, understanding, cognitive response, affective response and attitude towards advertising. Data was obtained by distributing questionnaires using a simple random sampling technique to 100 students from the Faculty of Social and Political Sciences, University of Lampung who had watched the Tokopedia Filosofi Pete advertisement on YouTube. The research results show that the Tokopedia Filosofi Pete advertisement is in the good category with a DRM value of 75.12. This means that the advertisement is effective in influencing the audience's attitude to support and use local products. Keywords : Effectiveness of Advertising, Tokopedia, Pete's Philosophy, Direct Rating Method date: 2024-06-17 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: ANTHONY , MARCELLINO (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN TOKOPEDIA FILOSOFI PETE DENGAN DIRECT RATING METHOD (DRM) (STUDI PADA MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS LAMPUNG). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/85518/1/ABSTRAK%20-%20Anthony%20Marcellino.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85518/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20Anthony%20Marcellino.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85518/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Anthony%20Marcellino.pdf