title: ANALISIS PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD AISYIYAH METRO creator: Silvia, Ananda subject: 370 Pendidikan description: Masalah pada penelitian ini ialah belum optimalnya pembentukan karakter peserta didik di SD Aisyiyah Metro sehingga diperlukan kegiatan yang dapat membentuk karakter peserta didik yaitu melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui peran P5, kebiasaan sekolah, serta peran pendidik dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, koordinator P5, pendidik, dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter peserta didik di sekolah dapat terbentuk melalui kegiatan P5, kebiasaan sekolah, serta peran pendidik. Kegiatan P5 mengajarkan peserta didik mandiri berwirausaha dengan membuat sebuah produk secara kreatif, yang dapat bermanfaat, bernilai jual, serta mengajarkan peserta didik mengenal lingkungan. Kebiasaan sekolah mengajarkan nilai-nilai karakter positif melalui pembiasaan dan kegiatan-kegiatan disekolah seperti salat dhuha, gotong royong membersihkan lingkungan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan outing class, dan student exchange. Pembentukan karakter peserta didik melalui peran pendidik dapat dilaksanakan melalui pembelajaran dan keteladanan pendidik. Kata kunci: karakter, P5, peserta didik. The problem with this research is that character formation is not yet optimal students at Aisyiyah Metro Elementary School so activities are needed that can shaping the character of students, namely through Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5). This research aims to analyze and describe the role of P5, school habits, and the role of educators in character formation of students at school. This research uses qualitative method with data collection through interviews, observation, and documentation. The informants in this research were the school principal, deputy principal curriculum field schools, P5 coordinators, educators, and students. Results This research shows that the character of students at school can formed through P5 activities, school habits, and the role of educators. Activity P5 teaches students to be independent in entrepreneurship by creating something creative work, which can be useful, has sales value, and teaches students get to know the environment. School habits teaches positive character values through habits and activities at school such as dhuha prayers, mutual cooperation in cleaning the environment schools, extracurricular activities, outing classes and student exchange. Forming the character of students through the role of educators can be implemented through learning and the example of educators. Keywords: character, P5, students. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-05-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/85531/1/1.%20Abstrak%20Skripsi%20Silvia%20Ananda_2013053077_PGSD%20-%20Silvia%20Ananda.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/85531/2/Skripsi%20Full%20Silvia%20Ananda%20tanpa%20lampiran%20-%20Silvia%20Ananda.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/85531/3/Skripsi%20tanpa%20pembahasan%20Silvia%20Ananda%20-%20Silvia%20Ananda.pdf identifier: Silvia, Ananda (2024) ANALISIS PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD AISYIYAH METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/85531/