%0 Generic %A NUR INDAH KURNIAWATI, 1113053081 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:8554 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Tri Sukses Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/8554/ %X ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa dan guru belum menerapkan media realia dalam kegiatan belajar mengajar matematika siswa kelas III SD Tri Sukses Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) yaitu metode yang melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Tri Sukses Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan sebanyak 71 siswa, dalam penelitian ini tidak terdapat sampel penelitian, hal ini disebabkan karena populasi penelitiannya kurang dari 100 orang, sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji-T pada program SPSS seri 17.0 for windows. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Tri Sukses Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran matematika menggunakan media realia pada kelas eksperimen (III B) yaitu 80,69 lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol (III A) yang hanya mendapat nilai 60,83. Kata Kunci: hasil belajar matematika, media realia, pengaruh.