<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah)"^^ . "Dalam konteks penyelesaian sengketa konsumen, terdapat permasalahan terkait\r\nlamanya waktu dan biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan sengketa melalui\r\nPengadilan Negeri, yang dapat membuat konsumen merasa dirugikan karena itu\r\ndibutuhkan alternatif penyelesaian sengketa konsumen yang dapat memberikan\r\npenyelesaian sengketa dengan cepat dan biaya murah. Penelitian ini tertarik untuk\r\nmenganalisis mekanisme penyelesaian sengketa konsumen melalui Badan\r\nPenyelesaian Sengketa Konsumen Lampung pada Kabupaten Lampung Tengah\r\nserta mengukur efektivitas penyelesaian sengketa tersebut.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan normatif-empiris. Sumber dan Jenis Data\r\nyang digunakan meliputi data primer melalui observasi dan wawancara dan data\r\nsekunder data yang diambil dari berbagai bahan hukum, seperti undang-undang,\r\nperaturan perundang-undangan, dan literatur terkait.\r\nHasil penelitian dan pembahasan menunjukkan pertama mekanisme penyelesaian\r\nsengketa konsumen melalui BPSK melibatkan beberapa tahapan antara lain\r\npengajuan permohonan penyelesaian sengketa melalui BPSK dapat dilakukan oleh\r\nkonsumen atau pihak terkait yang memenuhi syarat, adanya kerugian materiil dan\r\nkesepakatan antara konsumen dan pelaku usaha untuk menyelesaikan sengketa.\r\nPenyelesaian sengketa dapat dilakukan melalui mediasi, konsiliasi, atau arbitrase\r\nsesuai kesepakatan para pihak. Putusan BPSK berdasarkan metode penyelesaian\r\nsengketa tersebut memiliki kekuatan hukum yang tetap. Putusan ini memberikan\r\nkeadilan dan kepastian bagi semua pihak yang terlibat dalam sengketa jika\r\ndilakukan dengan itikad baik oleh kedua belah pihak. Pihak yang tidak puas dengan\r\nputusan BPSK dapat mengajukan keberatan ke Pengadilan Negeri dalam waktu\r\ntertentu setelah putusan diberitahukan. Kedua efektivitas penyelesaian sengketa\r\nmelalui BPSK dapat diukur melalui beberapa faktor, seperti mekanisme\r\npenyelesaian sengketa, kredibilitas anggota BPSK, sarana dan fasilitas yang\r\ntersedia, kompleksitas sengketa, serta keberhasilan dalam menegakkan putusan.\r\nSaran yang diberikan diperlukan perlindungan hukum yang lebih kuat untuk\r\nmemastikan kepatuhan pelaku usaha terhadap putusan BPSK, dengan penerapan\r\nsanksi yang lebih tegas dan penegakan hukum yang lebih efektif terhadap\r\npelanggaran. Selain itu upaya yang lebih besar dalam meningkatkan kesadaran\r\nkonsumen tentang hak-hak mereka dan peran BPSK dalam penyelesaian sengketa\r\ndiperlukan melalui kampanye penyuluhan dan edukasi yang lebih intensif.\r\nKata kunci: Penyelesaian Sengketa, Efektivitas, BPSK"^^ . "2024-05-29" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . " QUEIN\t"^^ . "WIHELLMINA"^^ . " QUEIN\t WIHELLMINA"^^ . . . . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK -WIHELLMINA QUEIN.pdf"^^ . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (File PDF)"^^ . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (File PDF)"^^ . . . "3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - WIHELLMINA QUEIN.pdf"^^ . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI\r\nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN\r\n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #85546 \n\nANALISIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI \nBADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN \n(Studi Pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen / BPSK Lampung Tengah)\n\n" . "text/html" . . . "340 Ilmu hukum" . .