TY  - GEN
CY  - UNIVERSITAS LAMPUNG
ID  - eprints85549
UR  - http://digilib.unila.ac.id/85549/
A1  - SHOFI,  SHIFA SHAFIRA	
Y1  - 2024/05/21/
N2  - Tujuan dari dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari
Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen dalam Mengembangkan Sikap
Sosial Peserta Didik di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan jenis pendekatan

kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII-
IPS di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65

responden yang terdiri dari 35 responden kelas eksperimen dan 30 responden kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan
wawancara sebagai pendukungnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
pembelajaran project citizen mampu mengembangkan sikap sosial peserta didik
yang dibuktikan dengan antusias dan ketertarikan peserta didik dalam mengikuti
pembelajaran sehingga sikap sosialnya dapat berkembang dengan baik, seperti
peserta didik mampu mengembangkan sikap disiplin, tanggung jawab, toleransi,
gotong royong, sopan dan santun, serta percaya diri selama pembelajaran.
Berdasarkan perolehan nilai indikator sikap sosial yang paling dominan yaitu
gotong royong yang dilihat dari hasil perhitungan angket self assessment
memperoleh nilai sebesar 94,28% dan peer assessment sebesar 88,57% serta hasil
observasi sebesar 99,04% dengan kategori sangat baik. Pernyataan tersebut dapat
terlihat dari keaktifan peserta didik dalam kelompok selama pembelajaran, peserta
didik saling berkoordinasi dalam menyelesaikan tugas kelompok serta mampu
memberikan solusi dan menyepakati hasil diskusi kelompok. Aktifnya peserta didik
di kelas eksperimen tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran project
citizen telah berhasil mengembangkan sikap sosial peserta didik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Citizen, Sikap Sosial, Eksperimen,
Kontrol
The purpose of this research is to find out the effect of the Application of Project
Citizen Learning Model in Developing Students' Social Attitudes at SMAN 1 Tulang
Bawang Tengah. The research method used in this research is quasy experiment
with quantitative approach. The research subjects in this study were XII-IPS class
students at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. The sample in this study amounted to
65 respondents consisting of 35 experimental class respondents and 30 control
class respondents. Data collection techniques using observation, questionnaires,
and interviews as support. The results showed that the project citizen learning
model was able to develop students' social attitudes as evidenced by the enthusiasm
and interest of students in participating in learning so that their social attitudes
could develop well, such as students being able to develop attitudes of discipline,

responsibility, tolerance, mutual cooperation, politeness and courtesy, and self-
confidence during learning. Based on the acquisition of the most dominant social

attitude indicator value, namely mutual cooperation, which is seen from the results
of the calculation of the self-assessment questionnaire obtaining a value of 94.28%
and peer assessment of 88.57% and the results of observations of 99.04% with a
very good category. This statement can be seen from the activeness of students in
the group during learning, students coordinate with each other in completing group
assignments and are able to provide solutions and agree on the results of group
discussions. The active students in the experimental class showed that the project
citizen learning model had succeeded in developing students' social attitudes.
Keywords: Learning Model, Project Citizen, Social Attitude, Experiment, Control
PB  - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TI  - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN
DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK

DI SMAN 1 TULANG BAWANG TENGAH
AV  - restricted
ER  -