%0 Generic %A Novianti, Asokawati %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:85558 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PEMAHAMAN GURU PAUD TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK %U http://digilib.unila.ac.id/85558/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru PAUD tentang pembelajaran berbasis saintifik kepada guru-guru TK yang ada di Kecamatan Seputih Raman. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Responden dalam penelitian ini yaitu 44 guru yang berasal dari 9 TK di Kecamatan Seputih Raman. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dibantu dengan aplikasi google formulir yang kemudian dibagikan kepada guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman guru tentang pembelajaran berbasis saintifik relatif sama, yang dibuktikan dengan 80% guru berada pada kategori baik pada dimensi konsep penerapan pembelajaran berbasis saintifik, dan 89% guru berada di kategori baik pada dimensi merencanakan dan melaksanakan pendekatan saintifik. Kata kunci: pemahaman guru, anak usia dini, pembelajaran berbasis saintifik This research aims to determine PAUD teachers' understanding of scientific- based learning for kindergarten teachers in Seputih Raman District. This type of research is quantitative research using descriptive methods. The respondents in this research were 44 teachers from 9 kindergartens in Seputih Raman District. Samples were taken using simple random sampling technique. The instrument used was a questionnaire assisted by the google forms application which was then distributed to teachers. The results of this research show that teachers' understanding of scientific-based learning is relatively the same, as evidenced by 80% of teachers being in the good category in the dimension of the concept of implementing scientific-based learning, and 89% of teachers being in the good category in the dimension of planning and implementing a scientific approach. Key words: teacher understanding, early childhood, scientific based learning