creators_name: 0713022024, Dian Sulistia type: other datestamp: 2015-04-20 05:29:18 lastmod: 2015-10-19 04:23:38 metadata_visibility: show title: HUBUNGAN ANTARA PERILAKU BERKARAKTER DENGAN SIKAP, MINAT, DAN KONSEP DIRI SISWA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING (GUIDING INQUIRY)BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Fungsi dan tujuan nasional pelaksanaan pendidikan di setiap jenjang sekolah tidak hanya menekankan pada kemampuan kognitif saja melainkan juga pada perkembangan karakter siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan antara perilaku berkarakter dengan sikap, minat, dan konsep diri siswa menggunakan metode inkuiri terbimbing (guiding inquiry)berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk: mengidentifikasi hubungan antara perilaku berkarakter dengan sikap, minat, dan konsep diri siswa setelah diterapkan pembelajaran menggunakan metode inkuiri terbimbing (guiding inquiry)berbasis pendidikan karakter, mengetahui nilai-nilai karakter yang dominan tumbuh pada siswa yang mengalami pembelajaran inkuiri terbimbing (guiding inquiry)berbasis pendidikan karakter dan mengetahui perubahan perilaku berkarakter siswa yang terjadi selama proses pembelajaran menggunakan metode inkuiri terbimbing Dian Sulistia (guiding inquiry)berbasis pendidikan karakter . Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Bandar Lampung, menggunakan satu kelas eksperimen (kelas VII A) dengan jumlah sampel 29 siswa. Pada saat proses pembelajaran berlangsung guru mengamati perilaku berkarakter siswa, selain guru siswa juga diberikan kesempatan untuk menilai perilaku berkarakter teman-temannya (peer Assessment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Ada hubungan yang positif antara perilaku berkarakter dengan sikap siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing (guiding inquiry)berbasis pendidikan karakter, dan hubungannya rendah dengan nilai r hitung sebesar 0,301, (2)Ada hubungan yang positif antara perilaku berkarakter dengan minat belajar siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing (guiding inquiry )berbasis pendidikan karakter dan hubungannya sangat rendah dengan nilai r hitung sebesar 0,191, (3)Ada hubungan yang positif antara perilaku berkarakter dengan konsep diri siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing (guiding inquiry)berbasis pendidikan karakter, dan hubungannya rendah dengan nilai r hitung sebesar 0,342, (4)Perilaku berkarakter yang dominan muncul selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing (guiding inquiry)berbasis pendidikan karakter adalah perilaku bertanggung jawab dengan skor rata-rata peer assessment 3,43 dan skor rata-rata pengamatan guru 3,61, (5)Terjadi peningkatan kategori perilaku berkarakter yang signifikan pada setiap pertemuan. Kata kunci : pendidikan karakter, kompetensi afektif, sikap, minat, dan konsep diri date: 2012-02-13 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 0713022024, Dian Sulistia (2012) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU BERKARAKTER DENGAN SIKAP, MINAT, DAN KONSEP DIRI SISWA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING (GUIDING INQUIRY)BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER. UNSPECIFIED. document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/1/ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/3/COVER.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/4/cover%20dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/5/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/6/MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/7/menyetujui.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/8/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/9/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/10/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/11/SURAT%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/12/bab%201.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/13/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/14/bab%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/15/bab%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/16/bab%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/8556/17/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf