%A JULIAN HADI FERRY 0713023029 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA %X Berdasarkan hasil observasi di SMA Al-Azhar 3 Bandarlampung diketahui bahwa pada proses pembelajaran siswa kurang dilibatkan langsung dalam menemukan konsep. Hal ini belum sesuai dengan KTSP yang proses pem- belajarannya harus berpusat pada siswa. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa dalam menemukan konsep, yaitu pembelajaran yang bersifat konstruktivisme, salah satunya adalah inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X sebagai kelas eksperimen dan kelas X 6 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini 5 Julian Hadi Ferry adalah kuasi eksperimen menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran ini diukur berdasarkan N-gain, uji t, dan uji t?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)rata-rata N-gain keterampilan meng- komunikasikan dan penguasaan konsep kelas eksperimen 0,25 dan 0,36 dan kelas kontrol 0,20 dan 0,30, (2)kelas eksperimen dengan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia daripada pembelajaran konvensional. Kata kunci: Pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan mengkomunikasikan, penguasaan konsep. %D 2012 %L eprints8558