@misc{eprints85584, month = {Juni}, title = {TINDAK EKSPRESIF DALAM VIDEO PODCAST YOUTUBE DEDDY CORBUZIER: GABRIEL PRINCE DAN LIVY RENATA TAK PERCAYA PERNIKAHAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA}, author = {CAHYARANI ABETHIA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/85584/}, abstract = {Penelitian ini mengkaji fungsi komunikatif tindak ekspresif serta kelangsungan dan ketidaklangsungan dalam video podcast Youtube Deddy Corbuzier: Gabriel Prince dan Livy Renata Tak Percaya Pernikahan dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan fungsi komunikatif tindak ekspresif yang dituturkan secara langsung dan tidak langsung yang terdapat dalam video podcast Youtube Deddy Corbuzier dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah fungsi komunikatif tindak ekspresif yang dituturkan secara langsung dan tidak langsung. Sumber data dalam penelitian ini adalah video podcast Youtube Deddy Corbuzier yang berjudul Gabriel Prince dan Livy Renata Tak Percaya Pernikahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan dilanjutkan dengan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam video podcast Youtube tersebut ditemukan tujuh fungsi komunikatif tindak ekspresif yang terdiri atas fungsi komunikatif menyanjung, mengucapkan terima kasih, mengucapkan selamat, memuji, mengkritik, menyalahkan, dan mengeluh. Fungsi komunikatif tindak ekspresif yang ditemukan sebanyak 107 data, meliputi tuturan langsung sebanyak 83 data dan tuturan tidak langsung sebanyak 24 data. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA pada Kompetensi Dasar 3.11 dan 4.11 kelas X SMA tentang teks negosiasi, sebagai suplemen tambahan serta dapat dijadikan sebagai contoh acuan dalam pembuatan teks negosiasi. Kata Kunci: Tindak Tutur, Ekspresif, Langsung, Tidak Langsung, Pembelajaran} }