?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+THINKING+ALOUD+PAIR+PROBLEM+SOLVING+(TAPPS)+PADA+PEMBELAJARAN+SEJARAH++%0D%0A(+Studi+Pada+Siswa+Kelas+X+SMA+Negeri+13+Bandar+Lampung)+&rft.creator=Zahriudin+(Alm.)%2C+Redi+Almuzaki&rft.subject=LA+History+of+education&rft.description=Keberhasilan+seorang+guru+dalam+mengajar+di+sekolah+dipengaruhi+oleh+penggunaan+model+dan+metode+pembelajaran.+Seorang+guru+sebaiknya+tidak+hanya+menggunakan+metode+ceramah+dan+diskusi+saja+dalam+proses+pembelajaran%2C+tetapi+harus+mampu+mengelola+kelas+sehingga+proses+pembelajaran+menjadi+lebih+aktif%2C+efektif%2C+dan+menyenangkan.+Aktivitas+siswa+dan+motivasi+sangatlah+penting+dalam+sebuah+proses+pembelajaran.+Proses+pembelajaran+yang+baik+dapat+tercapai+bila+siswa+lebih+berperan+aktif+di+dalam+kelas+selama+proses+pembelajaran+berlangsung.+Salah+satu+model+pembelajaran+yang+dapat+menciptakan+pembelajaran+yang+lebih+aktif+adalah+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+Thinking+Aloud+Pair+Problem+Solving+(TAPPS).+Model+pembelajaran+ini+memberi+kemandirian+kepada+siswa+dengan+bersama-sama+melakukan+diskusi+kelompok+dalam+memecahkan+masalah+secara+berpasangan+dan+komunikatif.++Rumusan+masalah+dalam+penelitian+ini+adalah+apakah+penggunaan+model+pembelajaran+Thinking+Aloud+Pair+Problem+Solving+(TAPPS)+berpengaruh+terhadap+hasil+belajar+siswa+pada+pembelajaran+sejarah%2C+selanjutnya+apakah+ada+perbedaan+rata-rata+hasil+belajar+siswa+pada+pembelajaran+sejarah+jika+diajarkan+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+Thinking+Aloud+Pair+Problem+Solving+(TAPPS)%2C+dan+seberapa+besar+persentase+tingkat+ketuntasan+hasil+belajar+siswa+jika+diajarkan+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+Thinking+Aloud+Pair+Problem+Solving+(TAPPS)+studi+pada+siswa+kelas+X+SMA+Negeri+13+Bandar+Lampung+tahun+ajaran+2012%2F2013+semester+genap.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui++pengaruh+penggunaan+model+pembelajaran+Thinking+Aloud+Pair+Problem+Solving+(TAPPS)+terhadap+hasil+belajar+siswa+pada+pembelajaran+sejarah+dan+apakah+ada+perbedaan+rata-rata+hasil+belajar+siswa+pada+pembelajaran+sejarah+jika+diajarkan+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+Thinking+Aloud+Pair+Problem+Solving+(TAPPS)%2C+serta+seberapa+besar+persentase+tingkat+ketuntasan+hasil+belajar+siswa+jika+diajarkan+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+Thinking+Aloud+Pair+Problem+Solving+(TAPPS).++Penelitian+ini+menggunakan+metode+penelitian+eksperimen.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+X+SMA+Negeri+13+Bandar+Lampung+tahun+ajaran+2012%2F2013+yang+berjumlah+240+orang.+Sampel+diambil+dengan+menggunakan+teknik+random+sampling+dengan+cara+acak+dan+pengundian%2C+sehingga+kelas+X2+dan+X3+terpilih+sebagai+sampel.+Teknik+analisis+data+dalam+penelitian+ini+adalah+teknik+analisis+data+kuantitatif.++Berdasarkan+hasil+hitung+data+nilai+posttest+siswa+dengan+menggunakan+uji+statistik++menggunakan+program+SPSS+17+diperoleh+bahwa+nilai+F%0D%0A+(6%2C135)+%3E+F%0D%0A+(0%2C05%3B1%3B65)+yaitu+3%2C988.+Oleh+karena+itu+dapat+disimpulkan+bahwa+model+pembelajaran+Thinking+Aloud+Pair+Problem+Solving+(TAPPS)+berpengaruh+pada+pembelajaran+sejarah+kelas+X+SMA+Negeri+13+Bandar+Lampung.++Diketahui+bahwa+nilai+mean+rank+pada++kelas+eksperimen+lebih+tinggi+daripada+nilai+mean+rank+pada+kelas+kontrol%2C+yaitu+bernilai+pada+77%2C42+%3E+66%2C91.+Rata-rata+peningkatan+gain+pada+kelas+eksperimen+pun+lebih+tinggi+daripada+rata-rata+peningkatan+gain+pada+kelas+kontrol+dengan+nilai+23%2C1818+%3E+17%2C3529.+Dengan+demikian%2C+peneliti+menyimpulkan+bahwa+ada+perbedaan+yang+signifikan+terhadap+rata-rata+data+gain+antara+kelas+eksperimen+yang+diajarkan+dengan+model+pembelajaran+Thinking+Aloud+Pair+Problem+Solving+(TAPPS)+dan+metode+diskusi+kelompok+pada+kelas+kontrol.+++Hasil+analisis+uji+proporsi+dengan+taraf+nyata+5%25%2C+diperoleh+z%0D%0Ahitung%0D%0Ahitung+%0D%0Atabel%0D%0A%3D+1%2C6602+dan+z%0D%0A%3D+0%2C1736.+Hal+ini+menunjukkan+bahwa+z%0D%0A+%3E+z%0D%0Ahitung%0D%0Atabel%0D%0Atabel+%0D%0A.+Dengan+demikian%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+persentase+ketuntasan+hasil+belajar+siswa+pada+kelas+eksperimen+lebih+dari+65%25%2C+yaitu+sebesar+78%2C78%25+siswa+dinyatakan+tuntas+hasil+belajarnya+setelah+diajarkan+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+tersebut.+++&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-04-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F4%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F5%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F7%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F8%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F6%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F9%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F10%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F11%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F12%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F13%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F14%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Zahriudin+(Alm.)%2C+Redi+Almuzaki++(2013)+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+THINKING+ALOUD+PAIR+PROBLEM+SOLVING+(TAPPS)+PADA+PEMBELAJARAN+SEJARAH+(+Studi+Pada+Siswa+Kelas+X+SMA+Negeri+13+Bandar+Lampung).++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F856%2F