<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR"^^ . "Penelitian ini membahas permasalahan yang berkaitan dengan kurangnya\r\npemahaman konsep geometri peserta didik kelas IV SD Negeri 18 Tegineneng.\r\nKurangnya pemahaman konsep geometri disebabkan oleh proses pembelajaran\r\nmatematika yang belum menerapkan model dan media pembelajaran yang\r\ninovatif, kreatif, dan bersifat realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui\r\nefektivitas pembelajaran etnomatematika “permainan engklek” dalam\r\nmeningkatkan pemahaman konsep geometri peserta didik kelas IV SDN 18\r\nTegineneng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini\r\nmenggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental design) dengan\r\ndesain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini\r\nberjumlah 43 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik\r\nnonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non\r\ntes, berupa wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data\r\n\r\npada penelitian ini menggunakan uji N-gain, uji t, dan uji effect size. Hasil Uji N-\r\ngain adalah sebesar 0,57 yang termasuk kategori sedang, kemudian hasil\r\n\r\nperhitungan uji t yaitu value 0,00 < taraf signifikansi 0,05, yang berarti Ha\r\nditerima dan Ho ditolak, serta hasil perhitungan uji effect size yaitu 2,463 yang\r\ntermasuk kategori besar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tersebut maka\r\ndapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran etnomatematika\r\n“permainan engklek” efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri\r\npeserta didik kelas IV sekolah dasar.\r\nKata kunci: efektivitas pembelajaran, etnomatematika, pemahaman konsep\r\n\r\ngeometri, permainan engklek\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\nTHE EFFECTIVENESS OF ETHNOMATHEMATICS BASED\r\nLEARNING \"ENGKLEK GAME\" AGAINST COMPREHENSION\r\nGEOMETRY CONCEPTS IN LEARNERS GRADE IV\r\n\r\nELEMENTARY SCHOOL\r\n\r\nBy\r\n\r\nNADIA SALSABILA ADZKIA\r\n\r\nThis research discusses problems related to the lack of understanding of geometry\r\nconcepts of fourth grade students at SD Negeri 18 Tegineneng. Lack of\r\nunderstanding of geometry concepts caused by the mathematics learning process\r\nthat has not applied innovative, creative, and realistic learning models and media.\r\nThis study aims to determine the effectiveness of ethnomathematics learning\r\n\"engklek game\" in improving the understanding of geometry concepts of grade IV\r\nstudents of SDN 18 Tegineneng. The research method used in this study using a\r\nquasi experimental design with a research design, namely non-equivalent control\r\ngroup design. The sample of this study amounted to 43students. Determination of\r\nthe research samples using non probability sampling technique. Data collection\r\ntechniques using tests, interviews, observation sheets, and documentation. Data\r\ncollection techniques use tests and non-tests, in the form of interviews,\r\nobservation sheets, and documentation. Data analysis techniques in this study\r\nusing N-gain test, t test, and effect size test. The result of the N-Gain test was 0,57\r\nwhich was included in the medium category, then the result of the t-test was t test\r\ncalculation ρ value 0,00 < a significance level of 0,05, which means Ha was\r\naccepted and Ho was rejected, and the result of the calculation of the effect size\r\ntest was 2,463 which was included in the large category. Based on the results of\r\nthe research data analysis, it can be concluded that use of the ethnomathematical\r\nlearning model \"engklek game\" was effective in improving the understanding of\r\ngeometry concepts of elementary school fourth grade students.\r\n\r\nKeywords: learning effectiveness, ethnomathematics, understanding of geometry\r\n\r\nconcepts, engklek game,"^^ . "2024-06-24" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "SALSABILA ADZKIA"^^ . "NADIA "^^ . "SALSABILA ADZKIA NADIA "^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (File PDF)"^^ . . . "Abstrak Skripsi_Nadia Salsabila Adzkia - nadiasalsabila adzkia2312.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (File PDF)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (File PDF)"^^ . . . "Skripsi Nadia Salsabila Adzkia_Tanpa Pembahasan - nadiasalsabila adzkia2312.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA\r\n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN\r\nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK\r\nKELAS IV SEKOLAH DASAR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #85614 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA \n“PERMAINAN ENGKLEK” TERHADAP PEMAHAMAN \nKONSEP GEOMETRI PADA PESERTA DIDIK \nKELAS IV SEKOLAH DASAR\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "372 Pendidikan dasar" . .