%A  Shiyami 	  Fauzia Zulva Nasywa
%T PENERAPAN PRINSIP SCIENTIFIC METHOD PADA PERANCANGAN

SEKOLAH DASAR DI KOTA SERANG
%X Reformasi pedagogik pendidikan saat ini lebih fokus pada pengembangan
kemampuan interpersonal, kreativitas, dan berpikir kritis dengan penghadiran
sistem pendidikan yang aktif dan lebih berorientasi pada siswa guna menghasilkan
sumber daya manusia yang sesuai dengan profil pelajar pancasila dalam
Kurikulum Merdeka. Merespon hal tersebut, perlu adanya pendekatan yang sesuai
untuk menghadirkan bangunan Sekolah Dasar yang fleksibel, eksploratif, dan
dapat menyesuaikan perubahan sistem pendidikan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan metodologi kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dan analisis
dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi kepustakaan
melalui berbagai sumber referensi. Pengolahan data dan analisis terdiri dari
analisis tapak, analisis fungsional, dan analisis spasial untuk menghasilkan konsep
perancangan. Penerapan prinsip scientific method menjadi solusi untuk
menghadirkan bangunan pendidikan yang fleksibel, eksploratif, serta sesuai
dengan sistem pendidikan yang berlaku. Hasil analisis dan konsep perancangan
pada Sekolah Dasar (SD) dengan penerapan prinsip scientific method di Kota
Serang adalah penghadiran ruang dan lingkungan belajar yang fleksibel serta
mendukung setiap stage of scientific method untuk meningkatkan kreativitas,
kemampuan berpikir kritis, dan interpersonal siswa. Prinsip scientific method pada
Sekolah Dasar (SD) diterapkan melalui analisis aktivitas dan kebutuhan ruang
sesuai dengan tiga tahapan timbal balik melalui konsep perancangan tapak,
gubahan massa, serta tata ruang dalam dan luar.
Kata Kunci: Sekolah Dasar, Kurikulum Merdeka, Scientific Method, Fleksibilitas,

Konektivitas
Current educational pedagogical reforms focus more on developing
interpersonal skills, creativity and critical thinking with the presence of an active
and more student-oriented education system to produce human resources that suit
the profile of Pancasila students in the Merdeka Curriculum. In response to this,
there needs to be an appropriate approach to present elementary school buildings
that are flexible, exploratory, and able to adapt to changes in the education
system. This research uses a descriptive qualitative methodology approach. Data
collection and analysis techniques were carried out using observation,
documentation, interviews and literature studies through various reference
sources. Data processing and analysis consists of site analysis, functional
analysis and spatial analysis to produce design concepts. The application of the
principles of the scientific method is a solution to provide educational buildings
that are flexible, exploratory, and to the existing education system. The results of
the analysis and design concept in Elementary Schools with the application of the
principles of the scientific method in Serang City are the presence of flexible
learning spaces and environments that support each stage of the scientific method
to increase student?s creativity, critical thinking and interpersonal skills. The
principles of the scientific method in Elementary Schools are applied through
analysis of activities and space requirements to three reciprocal stages through
the concepts of site design, mass composition, and interior also exterior layout.
Keywords: Elementary School, Merdeka Curriculum, Scientific Method,

Flexibility,Connectivity
%C UNIVERSITAS LAMPUNG 
%D 2024
%I TEKNIK 
%L eprints85644