creators_name: RINTA , RENJANI creators_id: 2013053098 type: other datestamp: 2025-03-07 03:12:39 lastmod: 2025-03-07 03:12:39 metadata_visibility: show title: HUBUNGAN E-MEDIA PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV sekolah dasar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan e-media powerpoint interaktif pada mata pelajaran IPAS terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SD Negeri 8 Metro Timur. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD yang berjumlah 58 peserta didik dan penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling berupa sampling jenuh yang dimana semua anggota populasi menjadi sampel dengan jumlah 58 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes dan analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan pada media pembelajaran powerpoint interaktif pada mata pelajaran IPAS terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci : berpikir kritis, IPAS, powerpoint interaktif ABSTRACT THE RELATIONSHIP BETWEEN E-MEDIA IN NATURAL AND SOCIAL SCIENCE SUBJECTS ON THE CRITICAL THINKING STUDENT CLASS IV ELEMENTARY SCHOOL By RINTA RENJANI The problem in this research is the low critical thinking skills of fourth grade elementary school students. The aim of the research is to determine the relationship between interactive e-media powerpoint in science and science subjects and the critical thinking skills of fourth grade students at SD Negeri 8 Metro Timur. The method in this research is quasi-experimental research with a non-equivalent control group design. The population in this study was all students of fourth grade elementary school, totaling 58 students and the sample was determined using a non- probability sampling technique in the form of saturated sampling in which all members of the population were sampled with a total of 58 students. Data collection techniques use test techniques and non-test techniques and data analysis uses the t test. The results of the research show that there is a significant relationship between interactive powerpoint learning media in science and science subjects and the critical thinking skills of fourth grade students at SD Negeri 8 Metro Timur in the 2023/2024 academic year. Keywords : critical thinking, IPAS, interactive powerpoint date: 2024-06-04 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: RINTA , RENJANI (2024) HUBUNGAN E-MEDIA PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/85649/1/ABSTRAK%20-%20RINTA%20RENJANI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85649/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20RINTA%20RENJANI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85649/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20RINTA%20RENJANI.pdf