title: IMPLEMENTASI PBL BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI DESIGN  THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE  PROBLEM SOLVING (CPS) PESERTA DIDIK PADA TOPIK  ENERGI TERBARUKAN DI SMA NEGERI 1    SUNGKAI JAYA
creator: HANA , LIA	
subject: 370 Pendidikan
description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas strategi berpikir kreatif  untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran  PBL berbasis STEM dan inovatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sungkai  Jaya dengan menggunakan metode penelitian eksploratif dan uji coba terkontrol  secara acak. Alat penelitian yang digunakan adalah pertanyaan jawaban singkat.  Pembelajaran menggunakan model PBL berbasis STEM dan strategi berpikir  kreatif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, ditunjukkan dengan  nilai mean N sebesar 0,49 pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas  kontrol. Kelas dengan nilai rata-rata N sebesar 0,27 termasuk dalam kategori  rendah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa di  laboratorium dan ruang kontrol berbeda. Hal ini juga didukung oleh data hasil tes  self-report yang memperoleh skor Sig. Rata-rata kelompok besar (kedua belah  pihak) adalah 0,000, dan nilai rata-ratanya adalah 0,862. Oleh karena itu, dapat  disimpulkan bahwa penggunaan PBL berbasis STEM dan strategi berpikir kreatif  meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan dan menyegarkan mata  pelajaran.    Kata Kunci : PBL, STEM, Design Thinking, Kemampuan Creative Problem  Solving
publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
date: 2024-05-20
type: Skripsi
type: NonPeerReviewed
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/85657/1/1.%20ABSTRAK%20-%20HANA%20LIA.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/85657/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20HANA%20LIA.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/85657/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20HANA%20LIA.pdf
identifier:   HANA , LIA   (2024) IMPLEMENTASI PBL BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PESERTA DIDIK PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN DI SMA NEGERI 1 SUNGKAI JAYA.  FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.     
relation: http://digilib.unila.ac.id/85657/