TY - GEN ID - eprints8566 UR - http://digilib.unila.ac.id/8566/ A1 - 0713052041, Priesda Dhita Melinda Y1 - 2012/01/17/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat anak yang kurang percaya diri dalam belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ?apakah token economy dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar pada anak usia dini di PAUD An Nur Kecamatan Kemiling tahun pelajaran 2011/2012??. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan token economy dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar pada anak usia dini di PAUD An Nur Kecamatan Kemiling tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian sebanyak 5 anak yang berusia antara 3 sampai 5 tahun yang memiliki kepercayaan diri yang rendah dalam belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi partisipan dan wawancara sebagai pendukungnya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan token economy dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar pada anak usia dini, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh z output = ?2,032 > z = ?1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya token economy dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia dini. tabel Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan token economy dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar pada anak usia dini di PAUD An Nur Kecamatan Kemiling Tahun Pelajaran 2011/2012. Priesda Dhita Melinda Saran yang dapat diberikan adalah (1)kepada guru, supaya dapat memberikan program parenting untuk menginformasikan mengenai pentingnya kepercayaan diri anak usia dini dan cara meningkatkannya, (2) kepada orang tua, supaya dapat mendukung dan menerapkan upaya peningkatan kepercayaan diri pada anak saat di rumah setelah mendapat informasi dari guru, dan (3) kepada para peneliti, untuk dapat melakukan penelitian mengenai perkembangan anak lainnya seperti kreativitas atau motivasi belajar anak dengan menggunakan token economy juga atau pendekatan behavioristik lainnya. TI - PENGGUNAAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BELAJAR PADA ANAK USIA DINI DI PAUD AN-NUR KECAMATAN KEMILING TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -