%A OLVIANITA SARI ANNISA 
%T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS
DENGAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP
KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
(Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Bintang
Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023)
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe think pair share (TPS) dengan strategi flipped classroom terhadap kemampuan
representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan tahun
pelajaran 2022/2023 sebanyak 146 siswa yang terbagi ke dalam 5 kelas secara
heterogen. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-B sebanyak 30 siswa
dan VIII-E sebanyak 24 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling.
Desain yang digunakan adalah posttest-only control design. Data penelitian ini
berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes uraian kemampuan representasi
matematis siswa. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa kemampuan representasi
matematis siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan strategi flipped classroom
lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair
share dengan strategi flipped classroom berpengaruh terhadap kemampuan
representasi matematis siswa kelas VIII SMPN 2 Tanjung Bintang semester genap
tahun pelajaran 2022/2023.

Kata kunci: flipped clasroom, pengaruh, representasi matematis siswa, think pair

share.
%C UNIVERSITAS LAMPUNG
%D 2024
%I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
%L eprints85663