title: ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING)DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA creator: 0743022009, Cahyo Agus Setiawan subject: description: Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting dalam pembela- jaran dan berfungsi efektif dalam semua aspek kehidupan lainnya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan tujuan untuk menge- tahui: (1)Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, (2)Interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan kognitif awal siswa, (3)Perbedaan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan kemam- puan kognitif tinggi dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, dan (4)Perbedaan ke- mampuan berpikir kritis pada siswa dengan kemampuan kognitif rendah dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung. ii Cahyo Agus Setiawan Penelitian dilakukan di SMAN 5 Bandar Lampung, menggunakan dua kelas yaitu kelas ekperimen (kelas XI IPA 3)dengan jumlah sampel 37 siswa dan kelas kon- trol (XI IPA 2) dengan sampel 33 siswa menggunakan desain faktorial. Pada awal penelitian diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum pembelajaran dan kemampuan kognitif siswa yang kemudian dikatego- rikan menjadi siswa dengan kemampuan kognitif tinggi dan kemampuan kognitif rendah. Setelah tiga kali pertemuan tatap muka dengan menggunakan pembelaja- ran generatif pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung (direct instruct- ttion)pada kelas kontrol, diberikan soal posttest untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran. Sehingga diperoleh data interaksi siswa dalam pembelajaran, kemampuan kognitif siswa, dan N-gain kemampuan berpikir krtis siswa yang kemudian diolah dengan analisis variansi dan uji perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Ada perbedaan kemampuan berpikir kri- tis siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, (2)Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan kognitif awal siswa, (3)Ada perbedaan ke- mampuan berpikir kritis pada siswa dengan kemampuan kognitif tinggi dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, dan (4)Ada perbedaan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan kemampuan kognitif rendah dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran lang- sung. Kata kunci : kemampuan kognitif, model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, dan kemampuan berpikir kritis. date: 2012-02-03 type: Skripsi type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/1/2.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/2/3.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/3/4.%20Menyetujui.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/4/5.%20MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/5/6.%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/6/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/7/8.%20MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/8/9.%20PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/9/10.%20SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/10/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/11/12.%20DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/12/13.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/13/ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/14/COVER.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/15/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/16/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/17/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/18/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/19/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8568/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: 0743022009, Cahyo Agus Setiawan (2012) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING)DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. UNSPECIFIED. relation: http://digilib.unila.ac.id/8568/