?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+PROBLEM-BASED+LEARNING+BERBANTUAN%0D%0AWEBSITE+INTERAKTIF+DALAM+MENINGKATKAN%0D%0ALITERASI+SUSTAINABILITAS+SISWA+SMP%0D%0APADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM&rft.creator=ROSALINDA+%2C+ALVIALLI&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=530+Fisika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+menguji+efektivitas+problem-based+learning%0D%0Aberbantuan+website+interaktif+dalam+meningkatkan+literasi+sustainabilitas+siswa%0D%0Akelas+VII+pada+materi+perubahan+iklim+di+SMP+Negeri+5+Bandar+Lampung.%0D%0APenelitian+ini+menggunakan+pendekatan+kuantitatif+dengan+metode+quasi%0D%0Aeksperimental+berupa+desain+penelitiannya+non-equivalent+control+group+design%0D%0Adengan+sampel+penelitian+berjumlah+60+siswa.+Kelas+eksperimen+menggunakan%0D%0Amodel+problem-based+learning+berbantuan+website+interaktif+dan+kelas+kontrol%0D%0Amenggunakan+model+direct+instruction.+Instrumen+penelitian+berupa+tes+yang%0D%0Amengukur+tiga+aspek+literasi+sustainabilitas+(pengetahuan%2C+keterampilan%2C+dan+pola%0D%0Apikir).+Hasil+analisis+hipotesis+menggunakan+uji+independent+sample+t-test+dan+uji%0D%0Anon+parametrik+mann-whitney+diperoleh+nilai+sig.+0%2C00+kurang+dari+0%2C05+yang%0D%0Amenunjukkan+adanya+efektivitas+problem-based+learning+berbantuan+website%0D%0Ainteraktif+terhadap+peningkatan+literasi+sustainabilitas+siswa.+Kemudian%2C+nilai%0D%0Aeffect+size+yang+diperoleh+adalah+2%2C38+pada+aspek+pengetahuan%2C+1%2C72+pada+aspek%0D%0Aketerampilan%2C+serta+1%2C72+aspek+pola+pikir+dengan+kategori+besar.+Maka%2C+hal+ini%0D%0Amenunjukkan+bahwa+model+pembelajaran+problem-based+learning+berbantuan%0D%0Awebsite+interaktif+memiliki+efektivitas+besar+dalam+meningkatkan+literasi%0D%0Asustainabilitas+siswa+pada+materi+perubahan+iklim.%0D%0AKata+kunci%3A+Literasi+Sustainabilitas%2C+Pembelajaran+IPA%2C+Perubahan+Iklim%2C%0D%0AProblem-based+Learning%2C+Website+Interaktif.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-02-21&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85760%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85760%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85760%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++ROSALINDA+%2C+ALVIALLI++(2025)+EFEKTIVITAS+PROBLEM-BASED+LEARNING+BERBANTUAN+WEBSITE+INTERAKTIF+DALAM+MENINGKATKAN+LITERASI+SUSTAINABILITAS+SISWA+SMP+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85760%2F