TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints85760 UR - http://digilib.unila.ac.id/85760/ A1 - ROSALINDA , ALVIALLI Y1 - 2025/02/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas problem-based learning berbantuan website interaktif dalam meningkatkan literasi sustainabilitas siswa kelas VII pada materi perubahan iklim di SMP Negeri 5 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental berupa desain penelitiannya non-equivalent control group design dengan sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model problem-based learning berbantuan website interaktif dan kelas kontrol menggunakan model direct instruction. Instrumen penelitian berupa tes yang mengukur tiga aspek literasi sustainabilitas (pengetahuan, keterampilan, dan pola pikir). Hasil analisis hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan uji non parametrik mann-whitney diperoleh nilai sig. 0,00 kurang dari 0,05 yang menunjukkan adanya efektivitas problem-based learning berbantuan website interaktif terhadap peningkatan literasi sustainabilitas siswa. Kemudian, nilai effect size yang diperoleh adalah 2,38 pada aspek pengetahuan, 1,72 pada aspek keterampilan, serta 1,72 aspek pola pikir dengan kategori besar. Maka, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem-based learning berbantuan website interaktif memiliki efektivitas besar dalam meningkatkan literasi sustainabilitas siswa pada materi perubahan iklim. Kata kunci: Literasi Sustainabilitas, Pembelajaran IPA, Perubahan Iklim, Problem-based Learning, Website Interaktif. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WEBSITE INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN LITERASI SUSTAINABILITAS SISWA SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM AV - restricted ER -