%A APRI NITA NURUL %T PENGARUH PEMBAYARAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) DAN DIGITAL MARKETING PADA KINERJA PEMASARAN MAKANAN HALAL DI SEKTOR UMKM INDONESIA %X Dinamika Quick Response Code Indonesian (QRIS) dan digital marketing dalam mendukung pertumbuhan bisnis UMKM pasca pandemi COVID-19 menghadapi masalah yang kompleks. Adanya disparitas aksesibilitas teknologi antara UMKM di daerah perkotaan dan pedesaan menciptakan ketimpangan dalam pemanfaatan QRIS dan digital marketing. Tingginya biaya untuk pengadopsian dan pemeliharaan teknologi ini sering kali menjadi penghalang bagi UMKM dengan sumber daya terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan digital marketing terhadap pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia pasca pandemi COVID-19. Penelitian adalah kuantitatif dengan sifat assosiatif. Variabel independent yakni Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) (X1) dan digital marketing (X2) dan variabel dependendent yakni pertumbuhan bisnis UMKM pasca pandemi COVID-19 (Y). Data sekunder diperoleh dari laporan kasus COVID-19 serta pertumbuhan UMKM di Indonesia masa COVID-19 sedangkan data primer diperoleh melalui kuisioner. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 250 orang pemilik UMKM Makanan Halal yang menjalankan bisnis pasca pandemi COVID-19.Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Bisnis UMKM Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Kata Kunci : Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Digital Marketing dan Pertumbuhan Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) %D 2024 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints85775