title: PENGGUNAAN METODE IMITASI DALAM PEMBELAJARAN TARI DI PAUD CAHAYA KARTINI DR. SUTOMO BANDAR LAMPUNG creator: Cantika , Anisa Wahyuning Thiyas subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode imitasi dalam pembelajaran tari di PAUD Cahaya Kartini Dr. Sutomo Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Bintang yang berjumlah 7 orang siswa. Adapun konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data analisis melalui tahapan melalui tahapan berupa redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode imitasi dalam bentuk praktik langsung. Hasil dari penelitian ini ini berupa tahap proses pengamatan guru memperagakan gerak yang kemudian diobservasi kembali oleh siswa. Proses guru menilai kemampuan siswa dalam mereaplikasi gerak yang telah diajarkan, yang telah dilaksanakan dari pertemuan pertama hingga pertemuan keempat. Metode imitasi yang digunakan dalam penelitian ini untuk anak-anak PAUD dengan unsur gerak dan lagu potong bebek angsa. Media yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya ada yang diperoleh diolah dan di analisis sehingga memperoleh gambaran umum metode imitasi. Kata kunci: metode imitasi, pembelajaran tari, tari bebek angsa publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-03-11 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/85795/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/85795/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/85795/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Cantika , Anisa Wahyuning Thiyas (2025) PENGGUNAAN METODE IMITASI DALAM PEMBELAJARAN TARI DI PAUD CAHAYA KARTINI DR. SUTOMO BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/85795/