?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=UPAYA+PENINGKATAN+HASIL+BELAJAR+BAHASA+INDONESIA+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIVE+TIPE+STAD+(STUDENT+TEAMS+ACHIEVEMENT+DIVISION)+PADA+SISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+4+TALANG+BANDAR+LAMPUNG+TAHUN+PELAJARAN+SDSFDSF+2010%2F2011&rft.creator=+%2C+Y+U+N+I+A+R&rft.subject=BF+Psychology&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.description=Pembelajaran+yang+dilakukan+oleh+seorang+guru+pada+siswa+dalam+suatu+kelas%2C+masih+sering+dijumpai+suasana+belajar+yang+cenderung+pasif.+Dalam+arti+proses+belajar+mengajar+tidak+menciptakan+keaktivan+pada+siswa+yang+berdampak+pada+prestasi+hasil+belajar+yang+tidak+baik.+Untuk+meningkatkan+prestasi+hasil+belajar+siswa+diperlukan+cara+yang+tepat.+Salah+satunya+adalah+penggunaan+metode+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+(Student+Teams+Achievement+Division).+Berdasarkan+tindakan+dalam+upaya+peningkatan+prestasi+hasil+belajar+dalam+penelitian+tindakan+kelas+melalui+tahap+perencanaan%2C+tindakan+observasi+dan+refleksi+dalam+tiap+siklusnya%2C+pada+siswa+kelas+V+SDN+4+Talang%2C+hasil+yang+diperoleh%3A+Nilai+rata-rata+sebelum+tindakan+pada+mata+pelajaran+Bahasa+Indonesia+62%2C33+pada+siklus+1+pertemuan+pertama+prestasi+hasil+rata-rata+67%2C66+dengan+prosentase+kekatifan+siswa+46%2C66%25.+Pertemuan+kedua+meningkat+menjadi+69%2C66.+Terjadi+peningkatan+rata-rata+sebesar+2+point+dengan+prosentase+keaktifan+siswa+63.33%25+atau+naik+20%25.%0D%0APada+siklus+2+pertemuan+pertama+rata-rata+prestasi+73%2C00+dan+pada+pertemuan+kedua+meningkat+menjadi+77%2C00+dengan+prosentase+keaktifan+sebesar+66%2C66%25+meningkat+menjadi+86%2C66%25.+Pada+siklus+3+pertemuan+pertama+rata-rata+prestasi+85%2C3+meningkat+menjadi+90%2C00+pada+siklus+ini+seluruh+siswa+aktif+dalam+proses+belajar+(100%25).+Data+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+yaitu+kualitatif+dan+kuantitatif+melalui+hasil+analisis+catatan+lapangan+dan+dari+data+prestasi+siswa.%0D%0AMelihat+hasil+yang+diperoleh+melalui+penelitian+tindakan+kelas+pada+siklus+1%2C2+dan+3%2C+peneliti+berhasil+dalam+melakukan+kegiatan+pembelajaran+yang+aktif%2C+inovatif%2C+kreatif%2C+efektif+dan+menyenangkan.%0D%0AKata+Kunci+%3A+Metode+pembelajaran+kooperatif+tipe+STAD+(Student+Teams+Achievement+Division)+aktivitas+dan+prestasi+hasil+belajar.&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2011-09-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F1%2FCover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F2%2FAbstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F3%2FPengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F4%2FPernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F5%2FPersetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F6%2FdAFTAR%2520iSI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F13%2FDaftar%2520Pustaka.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F12%2FLAMPIRAN.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F14%2FPDF.zip&rft.identifier=+++%2C+Y+U+N+I+A+R++(2011)+UPAYA+PENINGKATAN+HASIL+BELAJAR+BAHASA+INDONESIA+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIVE+TIPE+STAD+(STUDENT+TEAMS+ACHIEVEMENT+DIVISION)+PADA+SISWA+KELAS+V+SD+NEGERI+4+TALANG+BANDAR+LAMPUNG+TAHUN+PELAJARAN+SDSFDSF+2010%2F2011.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F858%2F