@misc{eprints85830, month = {Maret}, title = {PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF LIVEWORKSHEET BERBASIS OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII}, author = {Hamidah Shella}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/85830/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-LKPD interaktif liveworksheet berbasis OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi) pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya serta mengetahui kelayakan dan efektivitas E-LKPD interkatif liveworksheet dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil di SMPN 2 Banjar Baru. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Sampel diambil menggunakan teknik random sampling atau pengambilan sampel secara acak sehingga diperoleh kelas VII C sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, angket, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh skor kelayakan E-LKPD dengan kriteria ?sangat layak? dari penilaian ahli materi sebesar 86,33\%, ahli bahasa sebesar 78,75\%, ahli media sebesar 89,2\%, dan ahli praktisi sebesar 95,5\%. Kemudian produk diujicoba skala kecil memperoleh skor kelayakan sebesar 85,2\%, ujicoba skala besar memperoleh skor kelayakan sebesar 89,08\% dengan kriteria ?sangat layak?, dan dari hasil nilai pretest-postest kelas eksperimen yang menggunakan E-LKPD mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,51 kriteria ?sedang? serta dari hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 {\ensuremath{<}} 0,05. Dari hasil perhitungan menggunakan effect size didapatkan skor sebesar 2,31 dengan kategori besar yang artinya penggunaan E-LKPD interaktif liveworksheet berbasis OBAK efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa E-LKPD interaktif liveworksheet berbasis OBAK yang telah dikembangkan memenuhi kategori sangat layak sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: E-LKPD interaktif liveworksheet, model pembelajaran OBAK, berpikir kritis, interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya } }