creators_name: Shella, Hamidah creators_id: 2013024059 type: other datestamp: 2025-03-26 01:56:36 lastmod: 2025-03-26 01:56:36 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF LIVEWORKSHEET BERBASIS OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII ispublished: pub subjects: 370 subjects: 507 subjects: 570 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-LKPD interaktif liveworksheet berbasis OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi) pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya serta mengetahui kelayakan dan efektivitas E-LKPD interkatif liveworksheet dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil di SMPN 2 Banjar Baru. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Sampel diambil menggunakan teknik random sampling atau pengambilan sampel secara acak sehingga diperoleh kelas VII C sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, angket, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh skor kelayakan E-LKPD dengan kriteria “sangat layak” dari penilaian ahli materi sebesar 86,33%, ahli bahasa sebesar 78,75%, ahli media sebesar 89,2%, dan ahli praktisi sebesar 95,5%. Kemudian produk diujicoba skala kecil memperoleh skor kelayakan sebesar 85,2%, ujicoba skala besar memperoleh skor kelayakan sebesar 89,08% dengan kriteria “sangat layak”, dan dari hasil nilai pretest-postest kelas eksperimen yang menggunakan E-LKPD mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,51 kriteria “sedang” serta dari hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Dari hasil perhitungan menggunakan effect size didapatkan skor sebesar 2,31 dengan kategori besar yang artinya penggunaan E-LKPD interaktif liveworksheet berbasis OBAK efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa E-LKPD interaktif liveworksheet berbasis OBAK yang telah dikembangkan memenuhi kategori sangat layak sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: E-LKPD interaktif liveworksheet, model pembelajaran OBAK, berpikir kritis, interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya date: 2025-03-25 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2013024059 citation: Shella, Hamidah (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF LIVEWORKSHEET BERBASIS OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/85830/1/ABSTRAK%20SKRIPSI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85830/3/SKRIPSI%20FULL_SHELLA%20HAMIDAH.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85830/2/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf