creators_name: Zia , Amelia creators_id: 2113052029 type: other datestamp: 2025-03-26 03:28:18 lastmod: 2025-03-26 03:28:18 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN INTRAPERSONAL “SIKAP POSITIF” PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG ispublished: pub subjects: 150 subjects: 300 subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Permasalahan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa banyak mahasiswa Almafika FKIP Unila mengalami kendala dalam mengelola emosi, membangun kepercayaan diri, dan mempertahankan motivasi terutama tekanan dalam akademik dan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan pengembangan modul dan mendeskripsikan kualitas rancangan modul. Penelitian ini menggunakan model pengembangan atau biasa dikenal dengan Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, penyebaran kuisioner, dan validasi modul. Kualitas modul ditentukan oleh dua kriteria yaitu validity (validitas), dan practicality (kepraktisan). Berdasarkan hasil penilaian uji ahli dan materi Modul ini dapat dikatakan valid berdasarkan hasil penilaian ahli materi dengan rata-rata sebesar 0,89; v> 0,85 (valid) dan penilaian dari ahli media sebesar 0,91; v> 0,85 (valid). Selain itu, modul dinyatakan praktis untuk digunakan oleh mahasiswa berdasarkan hasil kuisoner respon mahasiswa dengan rata-rata 79,79% (Praktis). Modul ini dapat dinyatakan layak digunakan untuk mendukung pendekatan soft skill ,Sehingga dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam mendukung pengembangan keterampilan kerja mahasiswa. Kata Kunci: modul, sikap positif, keterampilan intrapersonal abstract The problems in this study indicate that many Almafika FKIP Unila students experience obstacles in managing emotions, building self-confidence, and maintaining motivation, especially pressure in academics and organizations. This study aims to describe the design of module development and describe the quality of the module design. This study uses a development model or commonly known as Research and Development (R&D). The method used is the ADDIE model (analysis, design, development, implementation, evaluation). Data collection techniques used in this study are interviews, questionnaires, and module validation. The quality of the module is determined by two criteria, namely validity and practicality. Based on the results of the expert and material test assessments, this module can be said to be valid based on the results of the material expert assessment with an average of 0.89; v> 0.85 (valid) and the assessment of media experts of 0.91; v> 0.85 (valid). In addition, the module is declared practical for use by students based on the results of the student response questionnaire with an average of 79.79% (Practical). This module can be stated as suitable for use to support the soft skill approach, so that it can be an effective learning media in supporting the development of student work skills. Keywords: module, positive attitude, intrapersonal skills date: 2025-02-24 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2113052029 citation: Zia , Amelia (2025) PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN INTRAPERSONAL “SIKAP POSITIF” PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/85840/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85840/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85840/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf