?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=+%0D%0AKESALAHAN+EJAAN+DALAM+KARANGAN+TEKS+BERITA+PADA%0D%0APESERTA+DIDIK+KELAS+VIII+DI+SMP+NEGERI+3+SEKAMPUNG+UDIK%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2023%2F2024+&rft.creator=RIZKI%2C+FEBRIANTI&rft.subject=400+Bahasa&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+kesalahan+ejaan+dalam+karangan%0D%0Ateks+berita+yang+ditulis+oleh+peserta+didik+kelas+VIII+di+SMP+Negeri+3+Sekampung%0D%0AUdik+tahun+pelajaran+2023%2F2024.+Masalah+penelitian+ini+adalah+kesalahan+ejaan%0D%0Ayang+terjadi+pada+penulisan+huruf%2C+penulisan+kata%2C+dan+penggunaan+tanda+baca.+%0D%0APenelitian+ini+menggunakan+metode+deskriptif+kualitatif.+Data+dikumpulkan+melalui%0D%0Ateknik+dokumentasi.+Sumber+data+penelitian+adalah+karangan+teks+berita+yang+ditulis%0D%0Aoleh+peserta+didik+kelas+VIII+di+SMP+Negeri+3+Sekampung+Udik+tahun+pelajaran%0D%0A2023%2F2024.+Data+penelitian+adalah+kesalahan+ejaan+yang+dilakukan+oleh+peserta%0D%0Adidik+dalam+menulis+karangan+teks+berita.+Instrumen+penelitian+berupa+lembar+kerja%0D%0Ayang+diisi+peserta+didik+untuk+membuat+karangan+teks+berita+dengan+topik+yang+ada%0D%0Adi+sekitar+peserta+didik.+Data+dikumpulkan+menggunakan+metode+tes.+Teknik%0D%0Aanalisis+data+menggunakan+metodologi+analisis+kesalahan+berbahasa+dan%0D%0Aberdasarkan+pedoman+EYD+V.+Data+lalu+dikelompokkan+berdasarkan+taksonomi%0D%0Asiasat+permukaan+dan+taksonomi+efek+komunikatif.+%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+terdapat+total+752+kesalahan+ejaan+yang+dapat%0D%0Adikelompokkan+berdasarkan+taksonomi+siasat+permukaan+dan+efek+komunikatif.%0D%0ABerdasarkan+taksonomi+siasat+permukaan%2C+kesalahan+pembentukan+(KB)+menjadi%0D%0Ayang+paling+dominan+dengan+total+527+kesalahan%2C+diikuti+oleh+kesalahan%0D%0Apenghilangan+(KH)+sebanyak+163+kesalahan%2C+dan+kesalahan+penambahan+(KT)%0D%0Asebanyak+62+kesalahan.+Tidak+ditemukan+kesalahan+pengurutan+(KU)+dalam+data%0D%0Apenelitian+ini.+Berdasarkan+taksonomi+efek+komunikatif%2C+kesalahan+lokal+(KL)%0D%0Amendominasi+dengan+653+kesalahan%2C+sementara+kesalahan+global+(KG)+tercatat%0D%0Asebanyak+99+kesalahan.++%0D%0AKata+Kunci%3A+kesalahan+ejaan%2C+taksonomi+siasat+permukaan%2C+taksonomi+efek+%0D%0A+komunikatif%2C+teks+berita&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-01-13&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85897%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85897%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85897%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520PEMBAHASAN%2520%25283%2529.pdf&rft.identifier=++RIZKI%2C+FEBRIANTI++(2025)++KESALAHAN+EJAAN+DALAM+KARANGAN+TEKS+BERITA+PADA+PESERTA+DIDIK+KELAS+VIII+DI+SMP+NEGERI+3+SEKAMPUNG+UDIK+TAHUN+PELAJARAN+2023%2F2024.++FAKULTAS+KEGURUAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F85897%2F