@mastersthesis{eprints85898, month = {Maret}, title = {PENGEMBANGAN E-LKPD BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING (SRL) DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK}, school = {Universitas Lampung}, author = {PUSVITASARI FADILLA }, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/85898/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendetesiskan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-LKPD berdiferensiasi dalam meningkatkan Self-Regulated Learning (SRL) dan Self-Efficacy (SE) peserta didik. e-LKPD ini dikembangkan dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa untuk mendukung keterampilan belajar mandiri dan kepercayaan diri dalam menyelesaikan tugas akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate).Hasil analisis data menunjukkan bahwa kevalidan e-LKPD berdiferensiasi dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian ahli terhadap aspek isi, bahasa, media, dan desain dengan persentase akhir sebesar 93,67\% termasuk kategori sangat valid. Kepraktisan e-LKPD berdasarkan respons guru dan peserta didik menunjukkan kategori sangat praktis, dengan tingkat keterbacaan, kemenarikan, serta keterlaksanaan dengan nilai 86,99\% terkategori sangat praktis dalam pembelajaran. Keefektifan e-LKPD dalam meningkatkan Self-Regulated Learning (SRL) dan Self-Efficacy (SE) dianalisis menggunakan uji N-Gain dan uji statistik inferensial. Hasil analisis data yang telah dilakuakan mendapat Kesimpulan bahwa: 1) e-LKPD berdifereniasi dinyatakan valid secara isi, bahasa, media, dan desain berdasarkan hasil penilaian; 2) kepraktisan e-LKPD berdiferensiasi yang ditinjau dari segi keterlaksanaan, kemenarikan, dan keterbacaan terkategori sangat praktis, sehingga dapat digunakan pada pembelajaran Fisika SMA kelas XI fase F Kurikulum Merdeka topik Fluida Dinamis, serta 3) Efektivitas e-LKPD berdiferensiasi } }