creators_name: MUHAMMAD DHAFFA ADZ , ZIDQY creators_id: 2016011044 type: other datestamp: 2025-04-10 04:15:09 lastmod: 2025-04-10 04:15:09 metadata_visibility: show title: STRATEGI MANAJEMEN PADANG GOLF SUKARAME DALAM MENINGKATKAN PEMAIN DI KALANGAN PEMUDA MELALUI INSTAGRAM TAHUN 2024 ispublished: pub subjects: 301 full_text_status: restricted abstract: Keterlibatan pemuda pada olahraga golf di Provinsi Lampung di tahun 2019-2022 masih rendah. Namun pada tahun 2023 terjadi peningkatan, akibat dari promosi yang dilakukan melalui instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen yang dilakukan dalam meningkatkan jumlah pemain pemuda melalui instagram tahun 2024. Dengan melihat berdasarkan aspek sosiologi, yang mengacu pada teori strategi customer bonding, usaha untuk melakukan pendekatan dan ikatan yang erat kepada pelanggan. Jenis penelitian adalah kualitatif untuk menghasilkan temuan secara deskriptif dan mendalam, melalui sumber wawancara, observasi, dokumentasi, serta survey googleform dengan teknik keabsahan data triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah Padang Golf Sukarame menggunakan strategi awareness bonding yakni strategi yang berkaitan dengan aspek sosiologi jaringan. Pengenalan terhadap perusahaan dibangun melalui jaringan media sosial instagram. Hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk membangun jaringan sosial yang luas, berkaitan dengan pengenalan perusahaan kepada pelanggan. Strategi kedua yang digunakan adalah strategi relationship bonding yang berkaitan dengan aspek sosiologi komunikasi dan interaksi. Sosiologi komunikasi membantu memahami bagaimana perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan yang kuat. Melalui hal tersebut, informasi yang semula sulit didapatkan mengenai perusahaan, menjadi mudah didapatkan. Strategi ketiga yang digunakan adalah strategi advocacy bonding yang berkaitan dengan aspek sosiologi pertukaran sosial. Sosiologi pertukaran sosial membantu membangun hubungan kedekatan melalui pertukaran yang saling menguntungkan. Pelanggan yang membantu mempromosikan perusahaan, akan mendapat reward dari perusahaan sehingga menciptakan pertukaran keuntungan secara timbal balik. Hal tersebut membuat terjalinnya loyalitas antara pelanggan kepada perusahaan untuk dapat membantu meningkatkan jumlah pelanggan, yang dalam hal ini adalah pemain golf pemuda. Kata Kunci: golf, pemuda, instagram, customer bonding. date: 2025-02-26 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: MUHAMMAD DHAFFA ADZ , ZIDQY (2025) STRATEGI MANAJEMEN PADANG GOLF SUKARAME DALAM MENINGKATKAN PEMAIN DI KALANGAN PEMUDA MELALUI INSTAGRAM TAHUN 2024. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/85919/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85919/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/85919/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf